Mega Insurance Kembali Meraih Silver Awards OPEXCON16

Jakarta / Selasa, 11 Oct 2016
FOTO: mega insurance

Indonesia Operational Excellence Conference and Award (OPEXCON) merupakan ajang bergensi bagi perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan continuous improvement. Ini adalah tahun ke-5 penyelenggaraan OPEXCON yang diikuti oleh 150 perusahaan (baik swasta maupun BUMN) dari berbagai sektor industri yang berpartisipasi menjadi peserta kompetisi, mereka mendaftarkan berbagai perbaikan, project improvement andalan. Ari Samadi selaku juri OPEXCON yang berasal dari ITB pun mengungkapkan; “Banyak profile project improvement yang hebat tahun ini, saya rasa pemenang OPEXCON16 memang benar-benar yang terbaik”.

 

Mega Insurance kembali berpartisipasi dalam ajang bergengsi tersebut dan bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar seperti Astra International Tbk – Honda, Astra Daihatsu Motor, Mandiri Axa General Insurance, Kalla Group, Bukit Makmur Mandiri Utama, Freeport Indonesia dan Chandra Asri Petrochemical. Setelah mendapatkan informasi bahwa Opexcon16 akan kembali digelar dan pendaftaran kompetisi sudah dibuka, maka Dept. HRD melakukan review dan seleksi terhadap continuous improvement projects baik yang telah dilakukan ataupun sedang dilakukan. Akhirnya continuous improvement project dengan menggunakan metodologi Lean Six Sigma tingkat Green Belt yang telah dilakukan oleh sdr. Danny Kartika dan tim pada saat berada di Divisi Operasional Health berhasil memenuhi kualifikasi untuk mengikuti kompetisi tersebut.

 

Pendaftaran Opexcon 16 resmi ditutup pada tanggal 31 Agustus 2016. Pasca pendaftaran tersebut, Mega Insurance dinyatakan sebagai salah satu finalis dari total 21 finalis. Sebagai project leader, sdr. Danny Kartika mengikuti seleksi tahap akhir di JW Marriot Hotel, Kuningan, Jakarta pada hari Selasa 13 September 2016 di JW Marriot Hotel, Kuningan, Jakarta (http://shiftindonesia.com/inilah-21-perusahaan-finalis-opexcon-2016/).

 

Pada hari Selasa, 11 Oktober 2016 di JW Marriot Hotel, Kuningan, Jakarta, Mega Insurance dinyatakan sebagai penerima Silver Award untuk kategori service. Dengan demikian, maka penghargaan silver award ini merupakan kali kedua, dimana pada tahun sebelumnya Mega Insurance juga mendapat penghargaan Silver Award dalam ajang serupa. Ini menjadi bukti nyata bahwa eksistensi perusahaan dalam melakukan improvement service telah diakui oleh dunia bisnis nasional. Tentunya improvement itu tidak akan lepas dari metodologi Lean Six Sigma sebagai salah satu best practice dan problem solving perusahaan dalam melakukan proses bisnisnya (http://shiftindonesia.com/inilah-para-penerima-gold-silver-dan-bronze-achievement-opexcon16/) .

 

Menanggapi hal tersebut, sdr. Danny mengungkapkan bahwa keberhasilannya di OPEXCON merupakan hasil kerjasama satu tim dalam menerapkan Lean Six Sigma. Penerapan Lean Six Sigma pun akan tergantung dengan komunikasi dan komitmen tim yang berkaitan untuk melakukan efisiensi sehingga meningkatkan produktivitas perusahaan. Besar harapannya karyawan/wati Mega Insurance lainnya bisa turut serta melakukan project yang menarik dan bisa diangkat dalam OPEXCON tahun selanjutnya.

 

Mimpi untuk menjadi salah satu pemenang dalam Opexcon sudah terwujud sebanyak dua kali dalam kurun waktu 3 tahun. Apabila dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan lain yang ikut berkompetisi, bisa jadi Mega Insurance merupakan perusahaan yang paling “muda” dalam menerapkan continuous improvement.

 

Mega Insurance kembali menjadi satu-satunya perusahaan di bawah naungan CT Corp yang berhasil mendapatkan penghargaan bergensi tingkat nasional di bidang continuous improvement. Pekerjaan rumah selanjutnya bagi Mega Insurance adalah menjaga kesinambungan implementasi continuous improvement dan membudayakannya serta tentunya mempertahankan silver award atau bahkan melampauinya dengan mendapatkan gold award pada periode-periode selanjutnya.