Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mudik dengan Kendaraan Pribadi

 

Mudik menjadi salah satu agenda rutin menjelang lebaran. Setelah sekian lama tidak berjumpa dengan sanak saudara di kampung halaman, tentunya mudik ini menjadi salah satu momen pelepas rindu. Ketika mudik dengan kendaraan pribadi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar selamat dan aman sampai tujuan. Berikut beberapa hal utama yang harus diperhatikan ketika mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Cek Kondisi Kendaraan Anda

Sebelum melakukan perjalan mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan Anda sudah melakukan general check up dan tune up untuk kendaraan Anda. Hal tersebut guna memberikan jaminan kendaraan Anda selalu berjalan dengan performa terbaiknya. Tidak hanya itu, Anda juga harus mengecek seperti kondisi kelistrikan, air conditioner (AC), radiator, hingga kondisi ban. Selain itu, agar perjalanan Anda aman, jangan memaksakan untuk membawa lebih banyak penumpang dan barang bawaan. Untuk mengetahui lebih lengkap perawatan kendaraan apa saja yang harus dilakukan, baca disini.

Perhatikan Kelengkapan Surat Kendaraan

Satu hal yang harus Anda perhatikan juga sebelum melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi adalah memastikan kelengkapan surat kendaraan terlebih dahulu, seperti Surat Tanda Naik Kendaraan (STNK). Hal ini menjadi garansi kenyamanan Anda ketika berkendara. Sama halnya dengan Surat Izin Mengemudi (SIM), STNK merupakan dokumen terpenting yang harus dibawa pengendara kemanapun. Jika ketika Anda berkendara tidak membawa STNK atau habis masa berlakunya, kemungkinan Anda akan ditilang sangatlah besar sehingga dapat mengganggu perjalanan Anda menuju kampung halaman.

Pastikan Anda Berkendara dengan Kondisi Prima

Saat mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan juga kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat dan prima. Kondisi ini akan lebih menguntungkan Anda selama perjalanan maupun ketika bersilahturahmi dengan keluarga dan kerabat begitu sampai di kampung halaman. Jangan memaksakan berkendara bila kondisi badan Anda sudah letih. Istirahatlah sejenak setidaknya 3 jam sekali untuk memulihkan kondisi tubuh Anda sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

Bawa Barang Seperlunya

Agar mudik dengan kendaraan pribadi menjadi lebih nyaman, ada baiknya Anda membawa barang bawaan seperlunya saja. Hindari membawa barang secara berlebihan dan bawalah barang-barang yang memang penting dan perlu Anda gunakan selama mudik. Selain menjadi lebih aman, dengan membawa barang seperlunya tidak akan memakan tempat Anda dan keluarga ketika berkendara selama perjalanan mudik. Namun disamping itu, terdapat beberapa barang penting yang wajib Anda bawa seperti halnya, toolkit, alat navigasi, kotak P3K, dan lain lain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Alihkan Resiko Perjalanan Anda

Berbagai resiko selama perjalanan mudik akan semakin meningkat seperti resiko kecelakaan hingga kebongkaran rumah yang ditinggali. Pastikan Anda mengalihkan resiko-resiko tersebut dengan asuransi perjalanan, salah satunya adalah dengan menggunakan asuransi Mega Kendaraan dari Mega Insurance yang dapat memberikan proteksi kepada Anda dan keluarga selama perjalanan mudik. Tidak hanya itu, rumah yang ditinggali selama mudik juga akan mendapatkan proteksi, sehingga membuat mudik Anda menjadi tenang dan nyaman. Baca juga manfaat asuransi kendaraan selama perjalanan mudik disini.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mudik dengan kendaraan pribadi. Pastikan Anda selalu mematuhi segala rambu-rambu lalu lintas agar perjalanan mudik Anda bersama keluarga terasa aman, nyaman, dan selamat hingga tiba di tujuan.