Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Tips Berkendara Agar Tetap Fokus Saat Puasa

Tips Berkendara Agar Tetap Fokus Saat Puasa

Tips Berkendara Agar Tetap Fokus Saat Puasa

Setiap tahunnya umat islam selalu menyambut bulan puasa dengan sukacita. Semarak menjelang bulan puasa bahkan sudah terasa beberapa minggu sebelumnya. Semarak itu biasanya ditandai dengan dekorasi-dekorasi di tempat umum, masjid yang semakin ramai, hingga berbagai iklan dengan tema yang berkaitan dengan ramadhan.

Berpuasa tentu tak boleh menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Semua kegiatan harus tetap berjalan sebagaimana mestinya, baik itu bekerja, sekolah, dan macam-macam kegiatan lain. Bedanya tantangan untuk melakukan semua itu jadi lebih berat karena disertai rasa haus dan lapar. Anda yang sehari-hari beraktivitas menggunakan kendaraan harus berhati-hati karena konsentrasi selama puasa bisa menurun. Penting untuk Anda mengetahui tips berkendara agar tetap fokus saat puasa.

Tips Aman Berkendara

Berikut adalah beberapa tips berkendara agar tetap fokus saat puasa dengan cara menjaga kondisi kendaraan dan diri yang bisa Anda ikuti:

  • Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Prima

Jika ingin selalu aman, Anda harus memastikan kendaraan Anda ada dalam kondisi prima. Caranya adalah dengan melakukan servis rutin, memeriksa tekanan ban sebelum mulai berkendara, dan memastikan semua komponen penting seperti rem dan gas berfungsi dengan baik. Semua ini sangat penting untuk diperhatikan karena ketika dalam keadaan puasa konsentrasi pastilah berkurang dan refleks terhadap sesuatu yang membahayakan juga akan melambat.

Jika anda ingin mudik dengan kendaraan pribadi, cek juga tipsnya di sini.

  • Mendengarkan Musik Saat Berkendara

Tips berkendara agar tetap fokus saat puasa berikutnya adalah mencari hiburan yang dapat membantu menjaga konsentrasi. Mendengarkan musik adalah pilihan yang paling memungkinkan. Mengingat musik bisa sangat mempengaruhi kinerja otak, ada baiknya Anda memilih jenis musik bertempo cepat agar konsentrasi tetap terjaga selama berkendara. Tetapi jangan lupa untuk mengatur volume musik tidak terlalu keras agar Anda tetap bisa waspada pada situasi sekitar.

  • Tidak Memaksakan Diri

Tips berkendara agar tetap fokus saat puasa berikutnya adalah mengetahuui batasan diri sendiri. Jika Anda merasa terlalu tidak fit untuk mengendari kendaraan, sebaiknya Anda tidak memkaksakan diri. Jangan terlalu mengambil resiko dengan memaksakan diri dalam keadaan puasa. Jika merasa terlalu lelah atau mengantuk Anda sebaiknya menggunakan alternatif lain seperti taksi atau kendaraan umum lainnya.

Cek juga pentingnya asuransi kendaraan selama mudik.

Tips Menjaga Stamina untuk Berkendara di Bulan Puasa

Faktor pengendara adalah faktor yang sama pentingnya dengan faktor kondisi kendaraan dalam memastikan keamaan berkendara di bulan puasa. Karena itu selain mengetahui tips berkendara agar tetap fokus saat puasa Anda juga perlu mengetahui tips untuk menjaga stamina agar siap berkendara di bulan puasa.

Hal paling utama yang harus Anda perhatikan adalah asupan makanan, baik saat sahur maupun berbuka. Pastikan tubuh Anda mendapat asupan protein yang cukup. Asupan protein akan membantu menambah tenaga pada tubuh selama berpuasa. Bedanya degan karbohidrat, proses pengubahan protein menjadi tenaga tidak lebih minim tenaga.

Vitamin menjadi nutrisi yang tak kalah pentingnya untuk menjaga stamina tubuh selama bulan puasa. Vitamin bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Anda bisa mengolah bahan makanan tersebut jadi berbagai olahan agar terasa nikmat saat disantap. Salah satu jenis olahan sayur dan buah yang cocok dikonsumsi di bulan puasa adalah salad.

Selain memastikan tubuh mendapat asupan protein yang cukup, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral. Tubuh membutuhkan sedikitnya 8 gelas air putih dalam sehari. Idealnya Anda harus mengkonsumsi 2 gelas di saat berbuka puasa, 3 gelas di malam hari, dan 3 gelas di saat sahur.

Kendala utama yang dirasakan oleh orang berpuasa saat berkendara adalah rasa kantuk. Agar bisa meminimalisr rasa kantuk tersebut Anda juga harus memastikan diri Anda mendapat jatah tidur yang cukup. Jangan tidur terlalu larut karena akan berpengaruh juga pada kesiapan sahur. Jika memungkinkan, tidurlah lagi satu hingga 2 jam setelah sahur agar semakin siap untuk beraktifitas.

Setelah memastikan tubuh dalam keadaan baik dan memahami tips berkendara agar tetap fokus saat puasa, kini Anda bisa berkendara dengan tetap aman selama bulan puasa. Jangan lupa untuk senantiasa mentaati rambu-rambu lalu lintas agar perjalanan Anda semakin ama dari hal-hal yang tidak diinginkan.