Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Tips Membeli Tiket Kereta Api Tambahan untuk Lebaran

Tips Membeli Tiket Kereta Api Tambahan untuk Lebaran

Tips Membeli Tiket Kereta Api Tambahan untuk Lebaran

Setiap tahunnya, tiket kereta api untuk lebaran langsung ludes di menit-menit pertama penjualan dibuka. Tak heran apabila banyak orang yang kehabisan tiket dan terpaksa mencari alternatif kendaraan lain demi berkumpul bersama sanak saudara di kampung halaman. Terhitung pada tanggal 1 Maret 2019, pemesanan tiket secara online untuk lebaran di bulan Mei nanti telah menyentuh angka 12.209.9000. Angka pemesanan online tersebut pun belum termasuk penjualan online tiket tambahan yang akan dibuka pada 6 April 2019 mendatang (sumber: https://tirto.id/)

Meningkatnya kualitas pelayanan dan fasilitas kereta api di Indonesia menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memburu tiket kereta api untuk pulang ke kampung halaman. Apabila anda belum mendapatkan tiket dan ingin memburu tiket tambahan, berikut tipsnya.

Pantau Terus Ketersediaan Tiket

Apabila anda sudah memiliki tanggal keberangkatan tetapi anda kehabisan tiket, anda perlu memantau terus ketersediaannya. Pasalnya, tiket habis dan tidak dapat dibeli karena sudah direservasi oleh orang lain, namun belum dibayar. Menurut pihak PT. KAI, hanya sedikit tiket yang sampai pada tahap pembayaran. Untuk itu, anda perlu menunggu selama 30 menit hingga satu jam untuk melihat kembali tiket yang telah batal dan dapat anda pesan. Memang membutuhkan kesabaran ekstra untuk terus memantau ketersediaan tiket, namun usaha yang anda lakukan dapat berbuah manis bukan?

Jangan Mencari di Satu Saluran Penjualan Saja

KAI telah bekerja sama dengan 26 pihak ketiga dalam menjual tiket kereta secara online. Disarankan agar anda tidak mencari tiket kereta hanya di satu kanal saja. Minimal anda mencari tiket di tiga kanal penjualan. Hal tersebut cukup efektif karena PT. KAI biasanya menyediakan jatah tiket yang berbeda di tiap-tiap kanal. Mencari di banyak kanal penjualan juga menguntungkan karena biasanya kanal-kanal penjualan tiket kereta api memberikan diskon menarik untuk pemesan. Apabila anda sudah mendapatkan tiket, segeralah membayar pemesanan agar tiket yang anda pesan tidak dibatalkan dan hangus.

cek juga keuntungan memiliki asuransi perjalanan selama berpergian

Miliki Rute dan Tanggal Keberangkatan Alternatif

Apabila tiket kereta api di tanggal keberangkatan yang anda pilih sudah habis, anda perlu memiliki alternatif tanggal keberangkatan lain. Usahakan untuk menghindari tanggal-tanggal keberangkatan populer agar anda tidak kehabisan tiket kereta. Selain menyiapkan tanggal keberangkatan alternatif, anda juga perlu menyiapkan rute alternatif.

Jika kereta langsung yang berhenti di tujuan anda habis, anda bisa mencari rute kereta sambungan yang berhenti di tujuan anda. Misalnya anda ingin mengunjungi Purwokerto, namun kereta langsung dari Jakarta habis. Anda bisa memilih kereta tujuan Jakarta-Tegal, lalu menyambung Tegal-Purwokerto, atau Jakarta-Cirebon, lalu menyambung Cirebon-Purwokerto. Pastikan anda mempertimbangkan waktu tunggu yang dibutuhkan agar tidak menghabiskan waktu lebih lama di stasiun transit.

cek juga serba-serbi mudik dengan transportasi darat

Itulah tips membeli tiket kereta api tambahan yang bisa anda terapkan selama mencari tiket tambahan untuk mudik lebaran nanti. Pastikan anda memiliki akses internet yang stabil agar pembelian tiket anda sukses tanpa kendala.