Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Tips Ampuh Merawat Aki Mobil

Tips Ampuh Merawat Aki Mobil

Tips Ampuh Merawat Aki Mobil

 

Aki mobil merupakan salah satu komponen terpenting yang ada pada kendaraan Anda. Itulah mengapa, merawat aki mobil menjadi suatu hal yang dilakukan secara rutin dan terus menerus. Jika kita tidak telaten dalam merawatnya, maka potensi aki mobil cepat soak bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Terdapat beberapa cara merawat aki mobil Anda agar lebih awet dan tahan lama. Perhatikan selengkapnya artikel berikut ini.

Rutin Periksa Kondisi Aki Mobil

Aki adalah komponen yang bersifat menyuplai energi listrik pada beberapa bagian mobil, seperti starter dan lampu. Kemungkinan terburuk yang bisa terjadi jika aki mobil Anda mengalami soak adalah mesin mobil yang tidak dapat menyala.

Oleh karena itu, hal pertama yang harus Anda lakukan sebagai cara merawat aki mobil adalah rutin memeriksa kondisinya dengan alat bernama battery load tester. Alat tersebut berfungsi untuk mengetahui daya aki secara keseluruhan. Jika Anda tidak memiliki alatnya, bisa mengunjungi bengkel mobil terdekat untuk memeriksanya minimal 2-3 bulan sekali.

Perhatikan Terminal Aki Mobil

Tidak kalah penting, cara merawat aki mobil yang harus Anda lakukan adalah dengan memperhatikan terminal atau klep penghubung kutub positif serta negatif pada aki. Beberapa masalah sering muncul pada bagian ini dikarenakan mulai munculnya jamur, karat, hingga posisinya yang tidak sesuai atau longgar. Meskipun terlihat sepele, ternyata hal ini dapat berpengaruh pada usia dari aki yang Anda miliki.

Jika Anda sudah menyadari terdapat hal-hal tersebut, segera siram dengan air panas sambal digosok menggunakan sikat gigi bekas. Sedangkan bila terminal sudah mulai longgar segera kencangkan kembali, namun bila sulit tandanya Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: 5 Tips Sederhana Merawat Mesin Mobil Anda 

Panaskan Mesin Mobil Setiap Hari

Jika mobil tidak digunakan, sebaiknya Anda tetap memanaskan mesin mobil setidaknya 15 menit setiap hari sebagai cara merawat aki mobil Anda agar tetap awet. Hal tersebut berguna agar arus listrik yang berada di dalam aki, bisa terus terisi oleh alternator, sehingga kondisi arus listrik di dalam aki akan tetap stabil dan juga maksimal.

Matikan Perangkat Eletkronik Sebelum Mematikan Mesin Mobil

Tidak jarang sebagian dari kita kerap lupa untuk mematikan berbagai perangkat elektronik di mobil ketika mematikan mesin. Bila hal ini sering dilakukan tentunya akan mempengaruhi umur dari aki mobil Anda.

Maka dari itu, cara merawat aki mobil lainnya yang harus Anda lakukan adalah mematikan semua perangkat elektronik mobil seperti lampu, AC, tape, smartphone charger, dan lainnya sebelum Anda mematikan mesin mobil. Tentunya hal itu bertujuan agar saat Anda menghidupkan kembali mobil, arus listrik dari aki hanya terfokus pada bagian starter mesin saja, bukan kepada perangkat lainnya.

Memperhatikan Kartu Catatan Perawatan Aki Mobil

Saat penggantian aki mobil, biasanya Anda akan diberikan kartu garansi untuk perawatan serta jadwal untuk mengganti kembali aki mobil Anda berikutnya. Selalu simpan kartu tersebut di mobil Anda agar tidak lupa untuk melakukan pengecekan dan penggantian aki mobil.

Meskipun rentang penggantian aki mobil cukup lama yakni sekitar 2-3 tahun, tapi jika Anda melakukan cara merawat aki mobil yang salah tentunya malah akan membuat aki mobil menjadi cepet soak.

Mulai sekarang selalu perhatikan kondisi kendaraan Anda, salah satunya dengan melalukan cara merawat aki mobil yang tepat agar awet dan tahan lama. Berikan juga perlindungan tambahan untuk mobil Anda dengan Mega Kendaraan dari Mega Insurance agar bebas repot dan terhindar dari berbagai risiko ketika berkendara.