Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

5 Pantangan Asam Lambung yang Harus Dilakukan

5 Pantangan Asam Lambung yang Harus Dilakukan

5 Pantangan Asam Lambung yang Harus Dilakukan

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan. Selain itu, gejala ini juga dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, serta mual dan muntah.

Penyakit asam lambung sering kali terjadi yang disebabkan oleh berbagai hal, seperti makanan hingga berbagai aktivitas fisik. Agar terhindar dari kondisi tersebut, Anda bisa terlebih dahulu untuk mulai memerhatikan hal-hal apa saja yang menjadi pantangan asam lambung, termasuk beberapa jenis makanan dan minuman tertentu.

Terdapat beberapa pantangan asam lambung yang harus dilakukan demi mencegah timbulnya sakit asam lambung tersebut. Simak selengkapnya artikel berikut ini:

Menghindari Makanan Pedas

Salah satu pantangan asam lambung yang harus dihindari adalah makanan pedas. Makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada lapisan kerongkongan dan juga dapat menyebabkan nyeri pada ulu hati dimana hal tersebut dapat memicu naiknya asam lambung. Hindari mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung cabai berlebihan. Anda dapat menggantinya dengan bahan-bahan yang tidak terlalu pedas, seperti merica dan saus tomat.

Menghindari Makanan yang Bersifat Asam

Pantangan asam lambung lain yang harus Anda lakukan adalah menghindari mengonsumsi makanan yang bersifat asam. Makanan asam memiliki kandungan berupa acid reflux yang dapat meningkatkan kadar asam lambung dalam perut. Selain itu, makanan asam juga dapat memicu refluks asam dan memperburuk sakit maag. Makanan asam yang patut dihindari antara lain, acar, cuka, asinan dan aneka buah-buahan asam seperti lemon dan jeruk nipis.


Baca juga manfaat dari kulit manggis yang ternyata baik untuk kesehatan Anda.

Menghindari Makanan Berlemak

Mengonsumi makanan berlemak juga merupakan salah satu pantangan asam lambung yang harus dihindari karena dapat mengakibatkan peningkatan tekanan asam lambung. Makanan berlemak yang sebaiknya Anda hindari antara lain adalah daging sapi, makanan cepat saji, kentang goreng, keripik kentang, es krim, susu, keju, makanan-makanan yang berminyak, serta makanan-makanan yang mengandung gula berlebih.

Menghindari Minuman Beralkohol

Selain beberapa makanan diatas, minuman beralkohol juga merupakan salah satu pantangan asam lambung yang harus dihindari. Minuman beralkohol berisiko melemaskan otot stingfer esofagus yang dapat menyebabkan asam lambung dapat naik. Apalagi, yang biasanya dikonsumi sebagai penutup makanan utama, seperti wine, bir, dan koktail, berisiko tinggi memicu naiknya asam lambung Anda.

Menghindari Minuman Bersoda dan Kafein

Tidak jarang terjadi setelah mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti, kopi, teh, dan minuman bersoda asam lambung seseorang akan naik dan mengakibatkan keluhan nyeri ulu hati dan kembung. Hal itu dikarenakan salah satu pantangan asam lambung ini memiliki kandungan kafein yang dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga lambung bereaksi dan teriritasi.

Perhatikan juga cara efektif untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Penanganan penyakit asam lambung dapat dilakukan dengan merubah kebiasaan sehari-hari yang kurang sehat, seperti menghindari langsung berbaring setelah makan, mulai untuk berhenti merokok, olahraga rutin, hingga mengonsumsi makanan dam minuman yang baik untuk tubuh.

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi obat yang dapat menetralkan asam lambung, menurunkan produksi asam lambung, dan mempercepat pengosongan lambung yang tentunya sudah dikonsultasikan dengan dokter Anda.

Jika penanganan penyakit asam lambung tidak tuntas malah akan menimbulkan komplikasi berupa peradangan pada saluran kerongkongan atau esofagus. Tentunya Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada Anda bukan? Oleh karena itu, jika Anda adalah penderita asam lambung, disarankan untuk dapat mulai memerhatikan hal-hal apa saja yang menjadi pantangan asam lambung Anda untuk hidup yang lebih sehat.