Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan dengan 5 Cara Berikut Ini

Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan dengan 5 Cara Berikut Ini

Mengalami gangguan sistem pencernaan memang kerap tidak bisa dihindari. Gaya hidup yang kurang baik menjadi salah satu factor utama mengapa kita seringkali mengalami gangguan sistem pencernaan. Mulai dari makan yang tidak teratur, jajan sembarangan, hingga merokok dan mengonsumsi minuman bersoda menjadi beberapa penyebab mengapa Anda mengalami gangguan sistem pencernaan.

Namun, jika memang Anda sudah terlanjur mengalami gangguan sistem pencernaan, terdapat beberapa cara mudah untuk mengatasinya. Simak beberapa cara mengatasi gangguan sistem pencernaan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah berikut ini.

Mengonsumsi Teh Kamomil

Kamomil sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan dan berbagai penyebab sakit perut lainnya. Anda bisa membuat teh kamomil dengan menyeduh 2 atau 3 sendok teh kamomil kering dalam satu cangkir yang ditambahkan air mendidih.

Kemudian, saring airnya setelah diseduh selama kurang lebih 10 menit. Teh kamomil bisa diminum sampai tiga atau empat kali sehari di antara waktu makan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, kamomil juga berfungsi seperti estrogen dalam tubuh, maka dari itu wanita yang punya riwayat kanker yang sensitif dengan hormon ada baiknya berhati-hati dalam mengonsumsinya, jangan sampai berlebihan.

Baca juga: Mengenali Penyakit Meningitis: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Menyantap Makanan Fermentasi

Kandungan bakteri baik atau probiotik di dalam makanan fermentasi ternyata juga dapat berfungsi mengatasi gangguan sistem pencernaan.  Probiotik dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan memecah laktosa di dalam usus. Selain itu, bila dikonsumsi secara teratur, makanan fermentasi tersebut juga bisa meningkatkan imunitas sehingga tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit.

Melakukan Terapi Relaksasi

Salah satu penyebab terjadinya gangguan sistem pencernaan adalah stress. Percaya atau tidak, nyatanya stress dapat memicu gangguan pencernaan lho. Oleh karena itu, jika Anda menghindari stress akan dapat menghentikan gangguan pada sistem pencernaan dan mengurangi efeknya.

Salah satu cara untuk menghindari stress adalah dengan melakukan terapi relaksasi yang bisa Anda lakukan di rumah ataupun di salon atau spa. Jangan lupa juga untuk menambahkan wewangian aromaterapi untuk menambah efek relaksasi pada tubuh Anda.

Banyak Minum Air Putih

Agar gangguan sistem pencernaan bisa teratasi, sebisa mungkin untuk cukupi kebutuhan cairan tubuh Anda setiap harinya. Cairan tubuh yang tercukupi akan membuat sistem pencernaan berjalan dengan lancar.

Konsumsi setidaknya 8 gelas air setiap harinya atau 2 liter air. Dengan asupan air yang cukup, Anda akan jarang mengalami dehidrasi sehingga tubuh menjadi lebih segar dan kesehatan pencernaan pun terjaga dengan baik.

Baca juga: 7 Makanan Pencegah Asam Lambung

Ubah Kebiasaan Tidur

Ketika mengalami gangguan sistem pencernaan, jangan langsung berbaring karena hal itu malah dapat memperparah kondisi Anda. Tidur akan lebih nyenyak jika Anda menahan diri untuk tidak berbaring sampai gejala hilang. Apabila memungkinkan, ada baiknya Anda menunggu tiga jam setelah makan terlebih dahulu baru kemudian Anda tidur.

Selain itu, sebisa mungkin jangan bersandar di sofa atau kursi setelah makan. Anda bisa menempatkan balok di bawah kaki kepala ranjang untuk menaikkan posisi kepala dan bahu. Jika memang ranjang tidak bisa diangkat, Anda juga dapat menggunakan beberapa bantal untuk membuat posisi Anda terasa lebih nyaman.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi berbagai gejala gangguan sistem pencernaan. Agar selalu terhindar dari gangguan sistem pencernaan, mulailah dari sekarang untuk selalu menerapkan pola hidup sehat. Berikan juga perlindungan kesehatan menyeluruh untuk diri Anda dan keluarga bersama Mega International Health Care untuk mendapatkan perlindungan kesehatan berkelas dunia di manapun Anda berada.