Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

7 Makanan Pencegah Asam Lambung

7 Makanan Pencegah Asam Lambung

7 Makanan Pencegah Asam Lambung

Memiliki penyakit asam lambung memang membuat penderitanya kerap merasa tidak nyaman, apalagi harus memilih berbagai jenis makanan yang tepat. Jika salah memilih makanan atau minuman, asam lambung dapat naik dan membuat penderitanya merasakan rasa sakit pada bagian perutnya.

Tidak hanya itu saja, penderita asam lambung juga harus menjaga pola makannya agar terhindar dari perut kembung atau mual jika terlambat makan.
Maka dari itu, bagi penderita asam lambung sangat penting untuk memilih jenis makanan dan minuman yang tepat untuk dikonsumsi. Nah, agar Anda dapat terhindar dari kambuhnya asam lambung tanpa kekurangan nutrisi baik, terdapat beberapa makanan pencegah asam lambung yang dapat Anda konsumsi. Berikut ulasan selengkapnya.

Roti Gandum

Bagi penderita asam lambung, roti gandung merupakan salah satu makanan pencegah asam lambung yang cukup favorit untuk dikonsumsi. Hal itu dikarenakan roti gandum memiliki banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan lambung.

Baca juga: 5 Pantangan Asam Lambung yang Harus Dilakukan 

Yoghurt

Selain memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, yoghurt bisa menjadi pilihan makanan pencegah asam lambung yang dapat Anda konsumsi. Menurut sebuah penelitian, kandungan probiotik pada seporsi yoghurt dapat meredakan asam lambung. Selain itu, bakteri baik yang dimilikinya juga dipercaya ampuh untuk meredakan penyebaran bakteri H.pylori pada lambung.

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang mengandung senyawa sulphoraphane yang ampuh untuk “membasmi” bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) penyebab asam lambung. Maka dari itu, makanan ini sering dikonsumsi sebagai makanan pencegah asam lambung karena khasiatnya tersebut.

Apalagi jika Anda mengonsumsi cabang brokoli mudanya, dimana terbukti memiliki kandungan sulphorane hingga 50 kali lebih banyak dibandingkan brokoli yang sudah tua.

Baca juga: 5 Jus Sayuran untuk Kesehatan Kulit

Oatmeal

Makanan untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah oatmeal. Oatmeal adalah sarapan favorit setiap orang karena mengandung gandum utuh sebagai sumber serat yang sangat baik. Selain itu, oatmeal juga dapat menyerap asam di perut dan mengurangi gejala asam lambung.

Jahe

Makanan pencegah asam lambung lainnya adalah Jahe. Makanan ini memiliki sifat anti peradangan alami, dan jahe sering dipercaya sebagai obat alami untuk mengatasi rasa panas dalam perut dan masalah gastrointestinal lainnya. Anda dapat menambahkan jahe parut atau irisan kecil ke resep makanan Anda atau dapat mencoba mencampurnya dengan segelas the panas untuk mengurangi gejala asam lambung Anda.

Pisang

Buah pisang memiliki kandungan kalium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan pH atau derajat keasaman pada lambung sehingga sangat ampuh sebagai makanan pencegah asam lambung. Pisang juga dapat memberikan rasa kenyang sehingga sangat baik untuk dikonsumsi di sela-sela waktu makan. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan potasium yang dapat menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres.

Permen Karet

Terakhir, makanan pencegah asam lambung lainnya yaitu permen karet. Tahukah Anda bahwa cemilan yang satu ini ternyata dapat mengurangi gejala asam lambung, lho. Hal itu dikarenakan dengan mengunyah permen karet secara tidak langsung dapat meningkatkan produktivitas air liur Anda.

Seringnya produksi air liur yang terjadi dapat membantu mengurangi jumlah asam di kerongkongan Anda. Namun Anda juga harus memerhatikan untuk tidak mengonsumsi permen karet dengan rasa peppermint atau spearmint karena rasa tersebut malah dapat mengendurkan kerongkongan dan menimbukan asam berlebih.

Itulah beberapa makanan pencegah asam lambung yang dapat Anda konsumsi dengan aman. Jika Anda adalah penderita asam lambung, pastikan juga menjaga pola makan dengan baik agar terhindar dari kambuhnya penyakit asam lambung Anda.