Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

5 Asupan Makanan untuk Menjaga Kesehatan Lambung

5 Asupan Makanan untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Lambung merupakan salah satu organ penting dalam sistem pencernaan. Namun terkadang, banyak orang yang menyepelekan kesehatan lambung. Tak heran banyak masyarakat Indonesia yang akrab dengan penyakit maag atau asam lambung dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menghindari penyakit tersebut, anda dapat mengkonsumsi 5 asupan makanan berikut ini.

Menjaga Kesehatan Lambung dengan buah-buahan

Buah-buahan untuk menunjang gaya hidup sehat memang sangat dianjurkan  Termasuk juga untuk menjaga kesehatan lambung. Salah satu buah yang dapat dikonsumsi ialah buah pisang. Kandungan Ph 5,6 yang dimiliki pisang bermanfaat untuk meringankan gejala asam lambung. Ada baiknya, anda memilih pisang yang sudah matang dan manis. Namun, apabila dikonsumsi terlalu banyak buah pisang dapat meningkatkan asam lambung. Oleh sebab itu, anda juga perlu mengkonsumsi buah pisang secukupnya. Selain mengkonsumsi pisang, anda dapat mengkonsumsi buah-buahan lain seperti melon, semangka apel dan pir. Keempat buah tersebut berguna untuk mengurangi gejala asam lambung.

Menjaga kesehatan lambung dengan gandum dan biji-bijian

Anda dapat mengkonsumsi gandum dan biji-bijian untuk memperlancar aliran pencernaan dalam tubuh. Mengganti konsumsi nasi dengan roti gandum atau oatmeal dapat dijadikan pilihan. Makanan yang mengandung gandum dan biji-bijian kaya akan serat sehingga dapat membantu memperlancar aliran pencernaan dalam lambung. Selain itu, makanan tersebut juga dapat membantu mengurangi gejala GERD pada lambung anda.

Memperbanyak konsumsi sayuran hijau

Mengkonsumsi sayuran hijau juga disarankan untuk anda yang ingin menjaga kesehatan lambung. Sayuran hijau rendah gula dan lemak sehingga dapat membantu mengurangi asam lambung. Anda dapat memulai konsumsi sayuran hijau dengan brokoli, asparagus, kembang kol, kacang hijau, mentimun, ataupun selada.

Memperbanyak konsumsi makanan yang kaya protein

Makanan yang kaya protein dan rendah lemak sangat baik untuk kesehatan lambung. Anda dapat memilih daging ayam tanpa kulit seperti bagian dada, ataupun daging sapi rendah lemak. Selain mengkonsumsi daging ayam dan sapi, anda juga dapat mengkonsumsi olahan ikan. Disarankan untuk anda mengolah bahan makanan tersebut dengan cara direbus, dikukus, ataupun dipanggang.

Memperbanyak konsumsi tanaman herbal

Selain mengkonsumsi buah, sayur-mayur, dan daging, anda juga dapat mencoba konsumsi tanaman herbal untuk menjaga kesehatan lambung. Tanaman herbal dapat dicampur sebagai bumbu masakan, atau diseduh lalu kemudian diminum. Salah satu tanaman herbal yang bermanfaat untuk lambung ialah jahe. Selain mengkonsumsi jahe, anda juga dapat mengkonsumsi lidah buaya untuk mengatasi penyakit asam lambung.

Selain memperbanyak konsumsi buah, gandum, sayuran, tanaman herbal, dan makanan kaya protein, anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat tiap harinya agar kesehatan lambung anda tetap terjaga.