Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Cara Menanggulangi Banjir 2020 dengan Sederhana, Mulai Dari Rumah Sendiri Yuk

Cara Menanggulangi Banjir 2020 dengan Sederhana, Mulai Dari Rumah Sendiri Yuk

Memasuki tahun 2020, kita sudah dihadapkan dengan bencana banjir yang melanda. Intensitas hujan yang tinggi membuat beberapa titik daerah di Indonesia harus terendam banjir, seperti Jakarta, Tangerang, hingga Bekasi. Bahkan, beberapa wilayah yang biasanya tidak terkena banjir, tahun ini mau tidak mau harus menerima musibah tersebut.

Musibah memang tidak ada yang tahu, namun kalau kita bisa mencegahnya kenapa tidak? Lalu, apa saja sih yang harus dipersiapkan sebagai cara menanggulangi banjir agar tidak menggenangi rumah  atau pemukiman kita? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Membuat Resapan Air dengan Biopori

Membuat Bipori di halaman rumah bisa menjadi salah satu cara untuk menanggulangi banjir agar tidak masuk ke dalam rumah. Biopori adalah sebuah lubang yang dibuat untuk meresap air dari permukaan menuju ke dalam tanah. Biasanya lubang tersebut digali sekitar 10-30 cm.

Beberapa bahan yang bisa gunakan untuk membuat Biopori adalah pipa berbentuk tabung yang telah dilubangi sekelilingnya, bor tanah, sampah organik, kawat, dan juga air. Pertama, kamu harus terlebih dahulu menentukan lokasi yang memiliki kedalaman dan resapan air yang bagus. Kemudian, basahi tanah dengan air.

Setelah itu, letakkan pipa biopori yang telah dilubangi dengan posisi tegak lurus ke atas. Jika Anda merasa posisi pipa sudah pas dan kuat, isi dengan sampah organik seperti daun, rumput atau kulit buah. Kemudian, Anda tingga menutup rapat pipa dan kencangkan menggunakan kawat besi. Cukup mudah bukan?

Memberikan Celah Agar Air Mengalir Masuk ke Selokan

Saat musim hujan tiba, selokan selalu menjadi hal yang dikhawatikan. Sebab, bila mampet secara tidak langsung akan membuat genangan bahkan dapat menjadi salah satu penyebab utama terjadi banjir. Hindari melakukan penutupan pada selokan karena dapat menyebabkan air menggenang terus menerus. Oleh sebab itu, ada beberapa cara menanggulangi banjir yang harus Anda lakukan.

Diantaranya adalah memastikan untuk tidak membuang segala macam benda ke dalam selokan dan memasangkan got grill untuk mencegah sampah masuk ke dalam selokan. Demi membuat selokan rumah Anda selalu bersih, Anda juga dapat mengajak masyarakat sekitar untuk kerja bakti secara rutin untuk membersihkan selokan.

Meninggikan Rumah

Cara menanggulangi banjir lainnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan cara meninggikan lantai rumah Anda. Usahakan agar lantai di dalam rumah sebaiknya lebih tinggi dibandingkan dengan lantai di teras.

Agar air hujan tidak masuk ke dalam rumah, usahakan juga untuk membuat level ketinggian rumah menjadi lebih tinggi beberapa cm dari level jalan. Pastikan juga Anda menggunakan keramik yang permukaannya tidak licin untuk menghindari hal-hal seperti, jatuh terpeleset.

Jangan Biarkan Atap Bocor

Salah satu masalah kebocoran pada atap rumah juga dapat menyebabkan banjir. Oleh karena itu, cara menanggulangi banjir lainnya yang bisa Anda lakukan adalah memastikan  tidak ada kebocoran pada atap rumah.

Lakukanlah pemeriksaan secara rutin pada atap rumah Anda, apakah ada retak-retak, kondisi genteng apakah perlu diganti, atau mungkin adakah kayu pada atap yang mulai lapuk. Jika ditemukan retak pada atap, ada baiknya menggunakan pelapis antibocor (water proofing) pada setiap sambungan dan titik pertemuan antar material pada atap. Jika kondisi sudah parah, sebaiknya Anda menggunakan alumunium foil ukuran 1—2mm untuk plafon dan gentengnya.

Itulah beberapa cara menanggulangi banjir yang bisa Anda terapkan di rumah. Pastikan juga rumah Anda selalu terlindungi oleh asuransi terbaik untuk terhindar dari berbagai kerugian akibat bencana alam ataupun pencurian.