Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Penyebab dan Gejala Asam Urat yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Penyebab dan Gejala Asam Urat yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Penyakit asam urat sering kali menyerang orang dewasa, namun perlu diwaspadai karena belakangan ini anak muda yang tidak menjaga pola makan dan pola hidup sehat juga bisa saja terkena penyakit satu ini. Salah satu gejala yang dirasakan saat asam urat adalah ditandai dengan pegal berkepanjangan yang disertai rasa sakit di daerah persendian.

Nyeri dari penyakit asam urat biasanya timbul akibat terjadi penumpukan asam urat di aliran darah, kemudian mengkristal di persendian. Umumnya semua sendi di tubuh memiliki risiko terkena penyakit sam urat, namun yang paling sering terkena asam urat adalah sendi pada bagian jempol kaki. Agar lebih jelasnya, simak beberapa penyebab dan gejala asam urat yang harus diawaspadai sejak dini.

Baca juga: 5 Asupan Makanan untuk Menjaga Kesehatan Lambung

 Penyebab Asam Urat

Mengonsumsi Obat-Obatan

Salah satu penyebab asam urat yang umum terjadi adalah karena mengonsumsi obat-obatan tertentu. Salah satu contoh obat-obatan yang sering menjadi penyebab asam urat adalah obat diuretik yang berfungsi untuk membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh.

Obat aspirin yang biasa dikonsumsi untuk mengurangi  demam dan meredakan nyeri juga bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit asam urat. Selain itu, proses penyembuhan cedera atau operasi tertentu juga memicu asam urat.

Gaya Hidup Tidak Sehat 

Penyebab asam urat lainnya yang sering terjadi adalah akibat gaya hidup yang tidak sehat. Mulai dari mengonsumsi makanan-makanan manis, berlemak, mengonsumsi minuman beralkohol, hingga tidak pernah melakukan olahraga. Maka dari itu, mulailah menerapkan gaya hidup sehat demi mencegah timbulnya penyakit asam urat.

Hipotiroid

Hipotiroid adalah penyakit kekurangan hormon akibat kelenjar tiroid yang tidak dapat memproduksi dalam jumlah yang cukup. Lalu apakah hubungannya kekurangan hormone dengan asam urat?

Menurut studi membuktikan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara fungsi tiroid dan metabolisme nukleotida purin di dalam hipotiroidisme. Adanya hal ini menandakan bahwasanya hipertiroidisme dapat menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam asam urat.

 Gejala Asam Urat 

Sakit Pada Bagian Sendi

Seperti dijelaskan sebelumnya, asam urat merupakan penyakit yang menyerang bagian persendian. Gejala pertama yang biasa dialami saat terkena penyakit ini adalah terasa nyeri di bagian jempol kaki. Apabila penyakit ini semakin parah, bagian sendi lainnya seperti lutut, siku, pundak, dan pergelangan tangan juga akan terkena dampaknya.

Terjadi Pembengkakan di Sendi

Saat penyakit asam urat sudah semakin parah, persendian akan membengkak karewna asam urat sudah berubah menjadi kristal, kemudian menyerang banyak sendi di tubuh, hingga mengkristal di bawah lapisan kulit.Ketika sudah sampai hal ini terjadi, rasa nyeri akan jauh lebih menyakitkan dibandingkan gejala-gejala sebelumnya.

Badan Lemas

Penyakit asam urat ternyata dapat membuat badan Anda menjadi terasa lemas. Bahkan, tidak jarang dapat membuat pengidap penyakit asam urat jatuh pingsan karena tidak sanggup menahan rasa sakit. Apabila sudah terjadi hal ini, disarankan untuk mengunjungi rumah sakit serta mengonsumsi obat atas resep dokter agar tubuh kembali pulih.

Kulit Memerah

Saat asam urat sedang kambuh, kulit akan memerah karena terjadi peradangan. Peradangan ini adalah salah satu efek dari bengkak yang terjadi di lapisan kulit. Hal tersebut terjadi diakrenakan asam urat yang mengkristal dan mengendap cukup lama pada sendi.

Baca juga: Manfaat Olahraga Malam untuk Kesehatan Tubuh

Demikainlah beberapa penyebab dan gejala asam urat yang harus diwaspadai sejak dini. Agar terhindari dari penyakit asam urat sebaiknya Anda selalu menerapkan gaya hidup sehat. Berikan juga perlindungan kesehatan untuk diri Anda dan keluarga dengan menggunakan Mega International Health Care dari Mega Insurance untuk memberikan perlindungan menyeluruh terhadap segala jenis kondisi medis.