Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Tips Merawat Cat Mobil Agar Tahan Lama

Tips Merawat Cat Mobil Agar Tahan Lama

Tips Merawat Cat Mobil Agar Tahan Lama

Merawat mobil bukan hanya soal mesin ataupun performanya, namun cat mobil juga harus selalu diperhatikan. Dalam beberapa tahun ke depan, warna pada cat mobil biasanya akan memudar, baik diakibatkan oleh faktor cuaca ataupun perawatan yang kurang baik dari sang pemilik, seperti malas mencuci, parkir di sembarang tempat, dan sebagainya.

Sebagai pemilik mobil, sudah sepatutnya Anda rajin merawat cat mobil karena jika tidak dirawat dengan baik dan benar, dalam jangka waktu tiga hingga lima tahun, cat mobil akan memudar dan membuat mobil Anda menjadi tidak enak dipandang. Agar Anda dapat membawa mobil kesayangan dengan penuh percaya diri, simak tips perawatan berikut ini agar cat mobil Anda selalu dalam kondisi yang baik dan tahan lama:

Pastikan Mencuci Mobil Secara Teratur

Agar mobil selalu bersih dan tidak terkontaminasi dengan berbagai jenis kotoran, cucilah mobil secara teratur. Sama seperti manusia, mobil juga membutuhkan perawatan seperti manusia, terutama cat mobil. Mobil sebaiknya dicuci setiap usai digunakan atau paling tidak setelah terkena air hujan.

Hal tersebut dilakukan agar air hujan tidak membuat warna cat mobil Anda memudar. Jika memang Anda tidak ada waktu untuk membersihkannya, segera bawalah mobil Anda ke tempat pencucian mobil sesegera mungkin agar kotoran-kotoran tidak terlalu lama mengerind dan sulit dibersihkan. Selain itu, jauh lebih baik jika mobil dibersihkan setiap pagi ketika akan dipakai daripada tidak sama sekali.

Baca juga perawatan mobil berkala yang harus Anda lakukan agar mobil selalu prima.

Lapisi Cat Mobil dengan Wax

Melapisi cat mobil dengan wax adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga warna alami mobil kesayangan Anda. Tanpa keberadaan lapisan wax, cat mobil Anda akan mengalami oksidasi secara perlahan. Reaksi kimia antara oksigen dan cat mobil itulah yang akan menghasilkan warna cat mobil terlihat pudar dan kusam.

Maka dari itu, dengan memberikan lapisan wax, warna cat mobil Anda akan jauh lebih awet. Namun, tentunya Anda harus melapisi mobil dengan wax secara berkala untuk mendapatkan hasil yang optimal, dikarenakan sebagai pelindung paling luar, lapisan wax lama kelamaan akan terkikis juga.

Selalu Usahakan Parkir di Tempat Teduh

Sekedar melapisi mobil dan menjaga kebersihan catnya saja tidak cukup untuk merawat cat mobil dan menjamin penampilannya optimal. Nyatanya Anda juga perlu untuk memperhatikan tempat memarkir mobil. Usahakan untuk memarkir mobil Anda di tempat yang teduh dan terhindar dari cuaca ekstrem.

Jika memang Anda harus terpaksa memarkinkan mobil diluar, perhatikan kotoran yang mungkin menempel pada mobil Anda seperti getah pohon, kotoran burung, dan sebagainya. Bila kotoran tersebut menempel pada cat mobil Anda, segera bersihkan karena akan mengakibatkan cat mobil menjadi rusak, sebab kandungan asamnya dapat merusak cat mobil dengan cepat.

Hindari Penggunaan Penutup Mobil Ketika Basah

Menggunakan penutup mobil sangatlah dianjurkan karena dapat berfungsi melindungi cat mobil Anda dari berbagai goresan dan noda. Namun yang perlu Anda ingat, gunakanlah penutup mobil ketika memang dalam kondisi yang kering dan tidak basah. Jika Anda menggunakan penutup mobil ketika mobil masih dalam keadaan basah, akan menyebabkan masalah muncul pada cat mobil Anda, seperti warna cat mobil yang berubah, berkarat, jamuran, dan beberapa masalah cat mobil lainnya.

Jika Anda sudah memiliki mobil sendiri, penting bagi Anda untuk selalu merawat dan melindunginya agar kondisinya selalu prima. Untuk menambah proteksi pada mobil Anda, terutama cat mobil, tidak ada salahnya untuk memberikan asuransi kendaraan dari Mega Insurance, yaitu Mega Kendaraan agar terhindar dari berbagai risiko yang terjadi pada mobil Anda.