Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Hal-Hal yang Harus Anda perhatikan Sebelum Ibadah Umroh

Hal-Hal yang Harus Anda perhatikan Sebelum Ibadah Umroh

Sebagai umat muslim tentu anda memiliki keinginan untuk mengunjungi Tanah Suci, baik untuk beribadah haji maupun umrah. Dengan penduduk mayoritas muslim, Indonesia memiliki banyak peminat yang ingin mengunjungi tanah suci. Namun, karena kuota yang terbatas, kebanyakan orang Indonesia melakukan ibadah umrah terlebih dahulu sebelum naik haji.

Selain biaya, ibadah umroh juga memerlukan persiapan yang sangat matang agar lancar selama proses ibadah. Bagi Anda yang baru pertama kali akan berangkat umrah, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum pergi ke Tanah Suci.

Perbanyak Informasi Mengenai Tata Cara dan Pelaksanaan Ibadah Umroh

Sebelum Anda memulai perjalanan ibadah umroh, persiapkan dulu diri Anda sebaik-baiknya dengan mempelajari segala hal mengenai ibadah umrah. Anda bisa membaca buku-buku referensi yang berisi panduan ibadah umrah. Perbanyak juga informasi mengenai Mekkah dan Madinah sebelum menginjakkan kaki di dua kota suci tersebut.

Persiapkan Fisik Agar Kondisi Prima

Selagi masih berada di tanah air, Anda juga harus menyiapkan stamina yang fit agar tubuh prima saat melakasakan ibadah umroh. Pasalnya, banyak kegiatan yang tentunya membutuhkan kekuatan fisik. Jika kondisi tubuh melemah, dipastikan aktivitas ibadah yang harus Anda jalankan menjadi terhambat.

Salah satu cara agar tubuh dalam kondisi prima adalah dengan berolahraga secara teratur. Olahraga yang dilakukan tidak perlu yang berat, cukup dengan berlari-lari di halaman rumah setiap pagi, serta perbanyak berjalan kaki.

Jangan lupa untuk banyak mengonsumsi air putih, serta makanan bernutrisi tinggi, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Lalu, biasakan untuk beristirahat lebih awal dan bangun pagi agar tubuh tetap bugar.

Baca juga: 5 Manfaat Asuransi Perjalanan yang Bisa Anda Dapatkan 

Menyiapkan Dokumen

Satu hal penting yang harus dilakukan sebelum mengurus kepergian Anda menuju tanah suci adalah menyiapkan dokumen-dokomen yang diperlukan. Melengkapi dokumen perjalanan adalah kewajiban.

Uruslah secepat mungkin agar perjalanan ibadah umroh Anda nantinya tidak terganggu. Beberapa dokumen yang dibutuhkan antara lain seperti paspor, visa, pas foto, hingga surat keterangan telah di vaksin influenza dan meningitis.

Sesuaikan Biaya dan Paket Travel dengan Kebutuhan

Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Umroh Referensi (BPIU Referensi) yaitu sebesar Rp 20 juta. Penetapan yang dilakukan Kemenag ini tertulis dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) No 221 tahun 2018 tentang BPIU Referensi.

Pada umumnya, saat ini paket umrah memiliki biaya yang relatif, tergantung dari jenis paketnya. Jika biayanya lebih mahal maka pelayanan yang didapatkan juga jauh lebih baik, sedangkan jika biayanya yang lebih terjangkau, tentu fasilitas yang didapatkan juga terbatas. Sesuaikanlah paket travel sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari biaya, tanggal keberangkatan, hingga fasilitas.

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan pergi ke Tanah Suci dan beribadah umroh. Selain beberapa hal diatas, banyaklah berdoa kepada Allah agar diberikan kelancaran selama kegiatan ibadah. Lindungi juga perjalanan Anda dengan asuransi perjalanan Mega Travel Care dari Mega Insurance untuk membuat perjalanan Anda lebih aman dan nyaman.