Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

5 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Kulit

5 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Kulit

5 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Kulit

Puasa adalah salah satu ibadah yang diwajibkan bagi umat islam selama bulan Ramadhan. Nilai ibadah puasa dan ibadah-ibadah lain yang dilakukan selama Bulan Ramadhan sangat kaya akan pahala. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata ada banyak sekali manfaat puasa yang bisa dirasakan tubuh? Manfaatnya yang paling terasa adalah untuk kesehatan pencernaan. Selain itu ternyata puasa juga memiliki manfaat yang baik bagi kulit.

Berikut adalah beberapa manfaat puasa untuk kesehatan kulit Anda:

  1. Membuat Kulit Terlihat Lebih Cerah

Sebagian dari Anda pasti memiliki keluhan kulit yang tampak kusam. Ternyata salah satu manfaat puasa adalah mengatasi masalah kulit kusam tersebut. Mengapa demikian? Pasalnya selama berpuasa sel-sel tubuh yang telah rusak akan mati dan digantikan oleh sel baru. Seperti diketahui sel-sel yang rusak itulah yang menjadi salah satu penyebab kulit tampak kusam. Tak hanya itu, puasa dapat pula mendetoks racun-racun yang tersimpan di bawah kulit sehingga kulit jadi tampak lebih cerah.

  1. Menghilangkan Jerawat

Tak bisa dipungkiri bahwa jerawat menjadi salah satu musuh terbesar kesehatan kulit, terutama kulit wajah. Ajaibnya puasa dapat membantu Anda menghilangkan jerawat yang mengganggu. Hal itu merupakn detosifikasi yang berlangsung di dalam tubuh selama Anda berpuasa. Detoksifikasi tersebut membuat jerawat jadi lebih cepat matang dan kemudian kempes dengan sendirinya. Jangan khawatir karena jerawat tersebut tidak akan meninggalan bekas selama Anda menanganinya dengan tepat.

  1. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Menyembuhkan penyakit kulit adalah manfaat puasa yang dirasakan oleh cukup banyak orang. Penyakit kulit yang bisa disembuhkan dengan berpuasa antara lain adalah panu dan eksim. Kedua penyakit tersebut membuat penderitanya tak nyaman akibat rasa gatal dan juga merusak penampilan. Bila Anda berpuasa maka tubuh bisa memfokuskan kinerjanya untuk mengatasi masalah tersebut. Fokus tersebut dikarenakan selama hamper 14 jam tubuh tak perlu menjalankan proses pencernaan.

  1. Mencegah Iritasi Kulit

Sebagai bagian terluar tubuh kulit memang rawan terkena berbagai gangguan. Gangguan terjadi akibat kulit terpapar debu, kotoran, dan juga dampak buruk dari sinar matahari. Sebagai upaya pencegahan biasanya Anda akan menggunan lotion atau aneka krim lain. Namun ternyata ada cara lain yang bisa membantu mencegah iritasi kulit, yakni puasa. Salah satu manfaat puasa memang mengeluarkan zat-zat tak dibutuhkan dari tubuh sehingga kulit terhindar dari iritasi.

  1. Membuat Kulit Terasa Lebih Kencang

Sel kulit mati merupakan salah satu sumber dari banyak masalah yang terjadi pada kulit. Kulit mati antara lain membuat kulit tampak kusam dan juga terasa kendur. Puasa dapat menjadi cara agar tubuh bisa cepat mendetoks sel kulit mati sekaligus menggantikannya den sel kulit baru. Setelah dilakukan selama beberapa waktu manfaat puasa berupa kulit yang terasa lebih kencang akan langsung terasa.

Jika Anda ingin manfaat puasa terasa lebih maksimal, maka Anda harus memerhatikan asupan makanan selama bulan puasa. Anda harus banyak mengkonsumsi vitamin dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu jangan abaikan jumlah air putih yang Anda konsumsi.

Meskipun tak boleh makan dan minum di siang hari, Anda tetap harus mengkonsumsi sedikitnya delapan gelas air dalam sehari. Pandai-pandailah mengatur pembagian jumlah konsumsi air putih Anda. Minumlah setidaknya dua gelas saat buka puasa,tiga  gelas pada malam hari, dan tiga gelas pada saat sahur. 

Itulah beberapa manfaat puasa untuk kesehatan kulit. Agar kesehatan kulit anda semakin terjaga, anda bisa mengkonsumsi berbagai jus sayuran ketika berbuka. Cek juga beberapa manfaat jus sayuran untuk kesehatan kulit di sini.