Media Kami

Ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance dan artikel lainnya

Media Kami

Mega Insurance mendapat Operational Excellence Award

Mega Insurance mendapat Operational Excellence Award

Operational Excellence Conference and Awarda tau Opexcon merupakan konferensi Operational Excellenceterbesar di Indonesia yang diselenggarakan setiap tahun semenjak tahun 2012. Dalam ajang bergengsi yang diselenggarakan pada tanggal 12 Oktober 2015 di JW Marriott, Mega Insurance (MI) berhasil mendapatkan Silver Award untuk kategori Service dimana MI bersanding dengan Bank Mandiri dan Daya Adicipta Mustika (member of Triputa Group). Perusahaan-perusahaan yang berhasil mendapatkan Gold Award untuk kategori Service adalah Adira Insurance, Aerofood Indonesia dan Astra International, Tbk- Honda.

Mendapatkan Silver Award merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa untuk MI, karena MI menerapkan inisiatif continous improvement melalui Lean Six Sigma kurang dari 2 tahun dan baru pertama kalinya mengikuti kompetisi Opexcon. Jika ditelaah dengan seksama, para pemenang Gold Award dan Silver Award merupakan perusahaan-perusahaan besar skala nasional ataupun multinasional yang telah menerapkan continous improvement selama bertahun-tahun dan bahkan puluhan tahun. 

Kemenangan MI tak lepas dari buah karya salah seorang Management Trainee yaitu sdri. Jaja Netra Puspita yang merupakan Project Leader pada Project Lean Six Sigma yang berjudul, “Reducing Policy Production Lead Time at Health Insurance Business Division in Mega Insurance”. Project tersebut dikerjakan oleh sdri. Jaja bersama-sama dengan tim Policy Service Health dan tim MT yang bertugas di Divisi Health dibawah bimbingan Kepala Divisi dan Departemen setempat.

Selain Sdri. Jaja, MI juga menugaskan salah seorang Management Trainee lainnya yaitu sdr. Ahmad Hasibuan untuk ikut berkompetisi dan mendapatkan Bronze Award. Lebih dari 100 project yang ikut berkompetisi dan sdri. Jaja berhasil menjadi wakil MI melaju ke babak final (http://opexcon.com/2015/21-finalis-opexcon-project-competition-2015/) dan kemudian berhasil mendapatkan Silver Award. Sebagai informasi, project yang sama sempat diikutkan pada Continous Improvement Award pada acara Kickoff 2015 MI, dimana project tersebut merupakan salah satu runner up.

06 Desember 2013 menjadi titik balik bagi MI dimana Board of Director menyetujui pengajuan Dept. HRD untuk melakukan continuous improvement melalui Lean Six Sigma. Semenjak tanggal tersebut Management Trainee, Kepala Divisi, Kepala Departemen, Section HeadCoordinator serta karyawan/wati lainnya mulai terlibat pada pelatihan dan project implementasi dengan skala white belt dan green belt yang sampai saat ini masih difokuskan terlebih dahulu di area Jakarta. Semenjak saat itu pulalah, Dept. HRD memiliki mimpi bahwa dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama MI akan menerima penghargaan di Opexcon serta secara bertahap akan tercipta continuous improvement sebagai salah satu pilar budaya MI.

Continuous improvement sebagai salah satu pilar budaya MI hanya akan dapat terwujud apabila seluruh karyawan/wati berpartisipasi secara aktif dalam proses continuous improvement di Divisi dan Departemen masing-masing. Sebagai satu-satunya perusahaan di CT Corp yang telah menerapkan continous improvementmelalui Lean Six Sigma, penghargaan Silver Award pada Opexcon 15 merupakan suatu awal yang baik bagi MI untuk terus membudayakan continuous improvement dengan Lean Six Sigma sebagai salah satu metodologinya.

Jika perusahaan-perusahaan multinasional seperti General Electric, Toyota serta perusahaan-perusahaan nasional seperti Astra dan Adira menjadi semakin besar karena continuous improvement maka yakinlah bahwa Mega Insurance juga akan menjadi semakin besar juga dengan continuous improvement dan bahkan bukan tidak mungkin pula bahwa suatu saat nanti MI akan menjadi acuan untuk continuous improvement bagi perusahaan-perusahan di bawah naungan CT Corp. Let’s join the journey