Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Begini Cara Mengurus Visa Schengen Tanpa Bantuan Agen Perjalanan

Begini Cara Mengurus Visa Schengen Tanpa Bantuan Agen Perjalanan

Melihat Menara Eiffel dari dekat, mengunjungi menara Pisa yang miring,atau melihat pertunjukkan matador versus banteng yang terkenal mungkin menjadi mimpi sebagian orang yang suka berwisata. Selain membuat rencana perjalanan ke Eropa dan membeli tiket, ternyata ada satu hal lagi yang dianggap penting oleh wisatawan yang ingin berpergian ke negara-negara di Eropa, yaitu mengurus Visa Schengen. Dengan memperoleh visa Schengen, wisatawan bisa menjelajahi 26 negara Eropa. Apa saja sih negara-negara yang bisa dijelajahi dengan menggunakan visa Schengen? Berikut daftarnya:

Negara Schengen di Eropa Utara: Denmark, Estonia, Finlandia, Irlandia, Latvia, Lithuania, Norwegia, Swedia.

Negara Schengen di Eropa Selatan: Malta, Portugal, Spanyol, Italia, Yunani, Slovenia.

Negara Schengen di Eropa Timur: Polandia, Hungaria, Republik Ceko, Slovakia.

Negara Schengen di Eropa Barat: Perancis, Belgia, Belanda, Luksemburg, Jerman, Swiss, Austria, Liechtenstein.

Banyak wisatawan yang menganggap mengurus Visa Schengen adalah hal yang tidak mudah. Ada yang khawatir akan ditolak pengajuannya, ada juga yang berpikir bahwa syarat-syaratnya tidak mudah. Berhentilah memikirkan hal negatif tersebut. Jika anda ingin mengurus Visa Schengen dengan mudah, anda dapat  memperhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Tentukan Visa Schengen Dari Satu Negara

Pada umumnya, ketika ingin mengunjungi benua Eropa, para wisatawan tidak akan mengunjungi 1 negara saja, setidaknya minimal 3 negara akan dikunjungi. Apakah dari 3 negara itu, lalu kita akan buat 3 Visa Schengen? Tentu tidak, maka dari itu kita harus menentukan terlebih dahulu 1 negara untuk mengurus pembuatan Visa Schengen.

  1. Membeli Tiket ke Negara Yang Sudah Ditentukan

Setelah menentukan negara untuk pembuatan Visa Schengen, maka langkah selanjutnya adalah membeli tiket ke negara yang sudah ditentukan. Biasanya negara yang pertama kali yang akan kita kunjungi. Pembelian tiket ini penting karena untuk mengurus Visa Schengen diperlukan bukti tiket sebagai dokumen persyaratannya.

  1. Membeli Polis Asuransi

Salah satu langkah yang dapat anda lakukan setelah membeli tiket ke negara yang sudah ditentukan ialah membeli polis asuransi. Dalam memilih asuransi perjalanan, anda harus memperhatikan cakupan polis yang dimiliki. Ada banyak asuransi perjalanan yang dapat anda beli secara online sebelum mengurus Visa Schengen, salah satunya ialah Mega Insurance. Mega Insurance merupakan salah satu penyedia layanan asuransi dari Indonesia yang sudah memiliki sertifikasi Schengen (Schengen Certified). Sehingga dengan menggunakan Mega Insurance, membuat Visa Schengen dapat menjadi lebih mudah.

  1. Menyiapkan Persyaratan Lengkap

Nah selanjutnya, anda perlu mendatangi kedutaan negara yang sudah ditentukan untuk mengurus Visa Schengen. Sebelum pergi ke kedutaan tersebut, pastikan syarat-syarat pembuatan visa sudah lengkap ya. Persyaratan -persyaratan tersebut antara lain:

- Paspor asli dan fotokopi
- Pas foto
- Formulir permohonan visa Schengen
- Bukti Pemesanan Tiket Pesawat

- Bukti Akomodasi Hotel

-Dana Pembaan Visa

-Rekening Koran 3 Bulan Terakhir

-Bukti Penghasilan & Aset

  1. Menyerahkan Berkas Permohonan Visa

Setelah melengkapi dokumen persyaratan visa,maka selanjutnya anda harus menyerahkan berkas permohonan visa ke kedutaan negara yang sudah anda tentukan sendiri. Nantinya dokumen-dokumen yang telah dipersiapkan akan dicek dan dokumen asli akan dikembalikan (kecuali paspor). Penyerahan dokumen-dokumen ke kedutaan tidak memerlukan waktu yang lama, sekitar 1 sampai 2 jam saja.

  1. Melakukan Interview Dengan Pihak Kedutaan

Setelah menyerahkan berkas permohonan visa untuk mengurus Visa Schengen,maka anda tinggal menunggu waktu interview dengan pihak kedutaan. Jadwal interview akan ditentukan kedutaan,nantinya anda akan dihubungi oleh pihak kedutaan.

  1. Menunggu Visa Schengen Terbit

Langkah terakhir adalah langkah yang bisa membuat anda berdebar-debar. Menunggu visa Schengen anda terbit. Jika anda mengikuti langkah-langkah mengurus Visa Schengen dengan sesuai prosedur dan syarat-syaratnya terpenuhi, jangan khawatir 90 % visa anda akan terbit dan tidak ditolak oleh kedutaan negara yang akan anda tuju.

Nah mudah kan mengurus Visa Schengen? Yang penting ikuti langkah-langkahnya dan penuhi syarat-syaratnya. Jika sudah terbit,maka anda tinggal menunggu waktu perjalanan anda yang sudah anda nantikan. Semoga perjalanan anda ke Eropa menyenangkan dan bisa kembali ke tanah air dengan selamat.