Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Tips Merawat Tanaman di Dalam Rumah Agar Tidak Layu

Tips Merawat Tanaman di Dalam Rumah Agar Tidak Layu

Memiliki tanaman hias di dalam rumah memang memiliki keuntungan tersendiri. Selain dapat memperindah tampilan ruangan di rumah, tanaman hias juga berfungsi sebagai antipolutan yang bersifat menetralisir udara sehingga terasa lebih segar. Suasana di dalam rumah Anda juga dapat menjadi lebih rileks dengan kehadiran tanaman hias.

Namun, dalam pemeliharaannya tanaman hias membutuhan perhatian khusus agar selalu segar dan tidak layu. Agar tidak cepat layu, perawatan seperti apa sih yang sebenarnya dibutuhkan oleh tanaman hias dalam ruangan? Untuk tahu hal tersebut, simak tips merawat tanaman di dalam rumah agar tidak cepat layu berikut ini:

Hindari Terlalu Sering Disiram

Untuk menyiram tanaman hias tidak perlu dilakukan setiap hari. Jika Anda melihat bahwa tanaman masih dalam keadaan lembab, maka tanaman tersebut masih cukup air sehingga tidak perlu disiram. Tanah yang terendam air terlalu lama akan membuat akar menjadi busuk dan menyebabkan tanaman menjadi layu. Oleh karena itu dalam merawat tanaman di dalam rumah, sebaiknya siramlah ketika tanah terlihat mulai mengering.

Selain memperhatikan frekuensi, ada baiknya juga untuk memperhatikan waktu penyiramannya. Waktu yang tepat dalam menyiram tanaman adalah pagi hari karena air sudah sempat menyerap ke seluruh bagian tanaman sebelum menguap saat terkena sinar matahari di siang hari. Cek juga manfaat tanaman hias untuk anda.

Beri Cahaya yang Cukup

Biasanya ketika Anda memutuskan untuk memilih tanaman hias di dalam rumah, Anda akan memilih jenis tanaman yang bisa bertahan di cahaya yang minim. Meskipun demikian, ada baiknya dalam merawat tanaman di dalam rumah, berikan cahaya yang cukup karena tanaman tersebut juga membutuhkan pasokan cahaya alami agar tetap subur.

Anda bisa memindahkan tanaman ke luar ruangan setiap dua minggu sekali agar tetap subur dan tidak mudah layu. Diamkan selama beberapa menit kemudian Anda bisa memasukkannya kembali. Pastikan juga dalam menaruh tanaman hias di dalam rumah, tidak membuatnya langsung terpapar sinar matahari.

Lakukan Pemupukkan dengan Rutin

Setelah rutin menyiram dan memberikan cukup pencahayaan alami, selanjutnya Anda dapat merawat tanaman hias di dalam rumah dengan melakukan pemupukkan secara rutin untuk memberikan tambahan nutrisi. Tanaman hias di dalam rumah sangat membutuhkan nutrisi berupa nitrogen untuk keseimbangannya, serta kalium untuk kekuatan batangnya.

Waktu yang paling tepat dalam melakukan pemupukkan biasanya adalah ketika memasuki musim penghujan karena tanaman akan tumbuh lebih aktif dibandingkan pada musim kemarau. Anda bisa menggunakan pupuk alami maupun pupuk buatan yang dapat dikombinasikan untuk merawat tanaman hias di dalam ruangan.

Rapihkan dengan Memangkas Tanaman

Jika tanaman hias tumbuh telalu tinggi atau lebat malah akan membuat tampilannya tidak sedap dipandang mata. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemangkasan secara rutin dalam merawat tanaman sehingga tampilannya tetap rapih dan tidak menganggu pandangan bahkan aktivitas pemilik rumah.

Bagian-bagian yang harus dipangkas antara lain, seperti ranting, batang, hingga daun. Melakukan pemangkasan juga baik untuk kesehatan tanaman itu sendiri karena dapat menyingkirkan bagian-bagian tanaman yang terkena serangan hama sehingga tidak menjalar ke bagian-bagian lainnya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam merawat tanaman hias di dalam rumah. Perhatikan juga pot yang Anda gunakan selalu dalam keadaan baik dan tidak pecah. Segera ganti jika memang terlihat mulai retak atau tanaman sudah mulai membesar. Selamat mencoba!