Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

5 Rekomendasi Minuman Tradisional untuk Mengobati Penyakit

5 Rekomendasi Minuman Tradisional untuk Mengobati Penyakit

5 Rekomendasi Minuman Tradisional untuk Mengobati Penyakit

Indonesia dikenal kaya akan rempah-rempahnya. Tidak heran hampir semua makanan di Indonesia dipenuhi dengan paduan rempah-rempah yang bercita rasa unik dan lezat. Namun, rempah-rempah tersebut tidak hanya dimanfaatkan untuk hidangan tradisional saja, melainkan juga dijadikan minuman tradisional yang mengandung banyak manfaat dan khasiat untuk tubuh.

Apalagi seperti peralihan musim seperti sekarang ini yang kadang membuat tubuh rentan terhadap berbagai penyakit, seperti flu, demam, dan batuk. Dibandingkan minum obat, tidak ada salahnya jika Anda sedang sakit atau tidak enak badan, mengonsumsi minuman tradisional untuk meredakan gejala penyakit yang Anda derita. Berikut beberapa minuman tradisional yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah hingga mengobati berbagai penyakit:

Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam adalah salah satu jenis minuman tradisional yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Minuman ini dikenal memiliki banyak manfaat dan terbukti ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan menetralisir racun di dalam tubuh.

Selain itu, jamu kunyit asam juga kerap dikonsumsi sebagai minuman diet karena nutrisi dan vitamin didalamnya mampu membakar lemak-lemak di dalam tubuh. Ditambah lagi, kunyit asam dipercaya dapat meredakan nyeri ketika haid dan memperlancar pencernaan tubuh.

Cara penyajiannya pun sangatlah mudah, cukup rebus bersama asam jawa, garam, dan air secukupnya. Anda juga dapat menambahkan madu untuk menghilangkan sedikit rasa pahit pada kunyit asam. Baca juga aneka jenis sayuran yang bisa Anda konsumsi untuk kesehatan kulit disini. 

Wedang Jahe

Selain kunyit asam, wedang jahe juga bisa dibilang sebagai minuman tradisional favorit kebanyakan masyarakat Indonesia. Wedang jahe kerap dikonsumsi sebagai penghangat tubuh ketika cuaca sedang dingin. Menariknya lagi, wedang jahe nyatanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti memperbaiki sirkulasi darah, mengatasi sakit kepala dan demam, hingga meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh.

Bandrek

Bagi masyarakat Jawa Barat, mungkin minuman tradisional satu ini sudah tidak asing lagi, yaitu bandrek. Minuman ini sendiri terdiri atas, jahe, gula aren, daun pandan, kayu manis, cengkeh, dan garam yang direbus hingga mendidih.

Bandrek memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya sebagai obat untuk meringankan gejala sakit gigi, meringankan masuk angin, mencegah perut mual dan kembung, hingga meringankan gejala batuk.

Bir Pletok

Bir pletok merupakan minuman tradisonal dari Betawi atau Jakarta yang sudah tidak asing lagi dan nyatanya memilki banyak manfaat serta khasiat. Adapun bahan yang biasanya digunakan untuk membuat minuman satu ini antara lain jahe, secang, cengkeh, kayu manis, kapulaga, buah pala, hingga batang serai.

Bir pletok memiliki berbagai khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh, antara lain, dapat meredakan sakit kepala atau migrain, memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh, mengatasi ejakulasi dini, hingga dapat meningkatkan nafsu makan.

Sekoteng

Apakah Anda sudah pernah mencoba sekoteng? Sekoteng merupakan minuman tradisional khas Jawa Tengah yang terbuat dari dari ramuan jahe, gula merah, kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan potongan roti. Selain nikmat disantap saat masih panas, sekoteng memilki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.

Dikarenakan berbahan dasar jahe, sekoteng memiliki manfaat yang luar biasa, antara lain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah osteoporosis, mengurangi rasa pusing dan sakit kepala , hingga dapat menghilangkan rasa mual pada perut. Tertarik ingin mencoba?

Demikianlah beberapa minuman tradisional yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Dibandingkan mengonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia, mengonsumsi minuman tradisional jauh lebih baik bagi kesehatan tubuh.