Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Mudik dengan Moda Transportasi Darat: Pilih Bus, Kereta, atau Kendaraan Pribadi

Mudik dengan Moda Transportasi Darat: Pilih Bus, Kereta, atau Kendaraan Pribadi

Mudik dengan Moda Transportasi Darat: Pilih Bus, Kereta, atau Kendaraan Pribadi?

Lebaran memang masih beberapa bulan lagi, namun persiapannya harus dilakukan sejak jauh-jauh hari, lho! Salah satu hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu ialah pilihan transportasi. Apakah menggunakan moda transportasi laut, udara, atau darat. Dalam menentukan pilihan moda transportasi, anda perlu memperhatikan berbagai hal, seperti waktu, tenaga, dan juga biaya. Apabila anda memilih moda transportasi darat, anda harus memilih menggunakan bus, kereta, atau kendaraan pribadi. Bingung menentukan moda transportasi yang tepat? Yuk simak ulasan berikut ini!

Mudik dengan bus

Tarif yang Terjangkau

Hingga kini, moda transportasi darat masih menjadi favorit bagi sebagian orang. Salah satu moda transportasi darat yang masih digunakan orang ialah bus. Di tengah gempuran promo tiket pesawat dan kereta, bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) terus beroperasi mengantarkan penumpangnya di berbagai daerah. Dibandingkan dengan pilihan lain (kereta, pesawat, atau kapal laut), bus AKAP memiliki harga paling murah. Dengan tarif berkisar Rp. 60.000,- hingga Rp. 350.000,-  per kursi, anda bisa mudik ke kampung halaman.

Pembelian Tiket yang Fleksibel

Di samping tarifnya yang terjangkau, menaiki bus AKAP sangatlah fleksibel karena tiketnya dapat dibeli di agen bus yang banyak tersebar di seluruh pelosok kota. Selain fleksibel dalam pembelian tiket, daerah jangkauan bus sangatlah luas dan beragam. Anda bisa menaiki bus AKAP apabila kampung halaman anda tidak dapat dijangkau oleh kereta atau pesawat, terutama apabila masih berada di satu pulau.

Waktu Tempuh Lebih Lama

Meskipun pulang ke kampung halaman dengan bus memiliki beberapa nilai plus, anda juga perlu memperhatikan waktu tempuh yang dihabiskan selama perjalanan. Musim mudik lebaran membuat arus jalan lebih padat dari biasanya. Apabila pada waktu-waktu biasa perjalanan memakan waktu 7-8 jam, maka pada Ramadan menjelang Hari Raya waktu tempuh dapat menjadi 2 kali lipatnya. Detik-detik menuju Hari Raya, waktu tempuh bisa sampai 3 hingga 4 kali lipatnya tergantung pada kepadatan jalan yang ditempuh.  Jika anda harus menumpang bus, mungkin anda perlu mempertimbangkan waktu dan tenaga yang akan anda habiskan selama perjalanan.

Mudik dengan Kereta

Kualitas Fasilitas dan Pelayanan yang baik

Meningkatnya kualitas pelayanan dan fasilitas kereta api di Indonesia membuat banyak orang mulai memilih untuk mudik menggunakan kereta api. Berpergian dengan kereta saat ini sangatlah nyaman, karena selain waktu tempuh sudah pasti dan tidak selama menggunakan bus, gerbong kereta sudah bersih dari pedagangan asongan dan penumpang gelap sehingga anda bisa duduk nyaman selama perjalanan.

Tiket Kereta yang Cepat Habis

Melihat berbagai peningkatan kualitas yang ada, tak heran apabila tiket kereta api untuk lebaran bisa langsung ludes terjual ketika pembelian baru saja dibuka. Karena menjadi favorit banyak orang, anda perlu berlomba untuk mendapatkan tiket yang anda inginkan. Untuk menghemat waktu, gunakan fasilitas online booking yang disediakan kereta api. PT. KAI memiliki aplikasi khusus untuk online booking yang bisa anda download di smartphone anda. Selain itu, anda juga bisa membeli tiket kereta api di berbagai aplikasi travel agent secara online. Manfaatkan diskon yang diberikan untuk menghemat anggaran anda.

Jika anda ingin mudik menggunakan kereta api, anda perlu memastikan waktu tempuh dan transportasi baik dari atau ke stasiun. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan anggaran tambahan yang dibutuhkan dari stasiun ke daerah tujuan, atau menuju stasiun. Usahakan agar anda merencanakan perjalanan mudik dengan maksimal sehingga anda tidak mendapatkan kendala selama perjalanan nanti.

Mudik dengan Mobil Pribadi

Pilihan moda transportasi lain yang bisa anda manfaatkan untuk mudik lebaran ialah mobil pribadi. Perjalanan menggunakan mobil pribadi masih dimanfaatkan sebagian orang karena lebih fleksibel. Kelebihan pergi menggunakan mobil pribadi ialah anda dapat menentukan sendiri waktu keberangkatan dan ke mana saja anda akan singgah. Hal tersebut menjadi poin plus untuk anda yang berencana pulang kampung dan berwisata.

Meskipun begitu, perjalanan menggunakan mobil pribadi mengharuskan anda untuk mempersiapkan beberapa hal seperti bekal selama perjalanan, anggaran bahan bakar mobil, dan yang terpenting ialah kondisi kendaraan anda. Pastikan kendaraan dalam kondisi yang baik sebelum anda memulai perjalanan. Servis mobil dan tanyakan pada mekanik apa yang perlu anda siapkan selama mudik. Hal tersebut sangat penting karena anda akan menempuh perjalanan hingga beratus-ratus kilometer.

Selain memastikan kondisi kendaraan, anda juga perlu memperhatikan kesehatan fisik anda, anggota keluarga, dan siapa pun yang akan menyetir. Pastikan anda tidak menyetir sendiri. Menyetir sendiri dalam waktu lama sangat membahayakan perjalanan mudik. Jika anda terpaksa menyetir sendiri, siapkanlah waktu untuk singgah di tempat menginap untuk beristirahat sebelum menyetir kembali.

Itulah beberapa ulasan untuk anda yang ingin mudik dengan moda transportasi darat. Baik dengan bus AKAP, kereta api, atau kendaraan pribadi, anda perlu mempertimbangkannya dari segi keuangan, waktu, dan juga kenyamanan agar perjalanan anda dapat sesuai dengan rencana. Jadi, sudah siap untuk mudik lebaran 2019?