Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Cara Berkendara Ramah Lingkungan untuk Mengurangi Polusi Udara

Cara Berkendara Ramah Lingkungan untuk Mengurangi Polusi Udara

Cara Berkendara Ramah Lingkungan untuk Mengurangi Polusi Udara

Kendaraan bermotor bisa dibilang menjadi penyebab tingginya tingkat polusi udara atau pencemaran udara. Gas buah yang dihasilkan dari kendaraan bermotor tentunya memberikan kontribusi akan buruknya kondisi udara saat ini. Terlebih, ketika sedang macet melanda, buruknya kondisi udara akan semakin lebih parah. Hal ini dibuktikan dari beberapa penelitian yang menyatakan bahwa, polusi yang dihasilkan oleh kendaraan yang sedang diam lebih buruk dari kendaraan yang sedang bergerak.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan lagi penggunaan kendaraan bermotor setiap harinya ketika beraktivitas agar kondisi udara saat ini agar lebih ramah lingkungan. Selain agar terhindar dari kemacetan, juga dapat membatu mengurangi polusi udara. Namun, jika kondisi mengharuskan menggunakan kendaraan pribadi untuk berkativitas terdapat beberapa cara berkendara agar lebih ramah lingkungan. Selengkapnya, simak artikel berikut ini.

Lakukan Akselerasi Secara Halus

Saat Anda berkendara, dianjurkan untuk menekan pedal gas dan rem secara halus, terlebih saat kondisi macet sehingga lebih ramah lingkungan. Menginjak gas dan rem secara agresif akan membakar bahan bakar BBM lebih banyak jika dibandingkan kita mengemudi secara perlahan.

Maksut perlahan disini bukanlah dari kecepatan mobil, melainkan timing Anda ketika menginjak gas dan rem.  Jika Anda dapat menyesuaikan pedal gas dan rem ketika berkendara, maka secara tidak langsung Anda dapat menghemat BBM hingga 30%.

Pilih Bahan Bakar Minyak Beroktan Tinggi

Cara ini bisa menjadi salah satu cara untuk berkendara ramah lingkungan. Menggunakan bahan bakar minyak beroktan tinggi memiliki pembakaran yang sempurna, antara kompresi tinggi dengan oktan tinggi sehingga emisi gas buang yang dihasilkan tidak terlalu berbahaya. Selain dapat lebih ramah lingkungan, menggunakan bahan bakar minyak beroktan tinggi juga dapat memelihara mesin mobil Anda agar lebih awet dan memiliki kinerja yang optimal.

Baca juga tips mudah merawat mesin mobil bagi pemula. 

Rencanakan Perjalanan dan Hindari Membawa Muatan Berlebihan

Jika Anda akan berkendara, mulailah untuk menyusun rencana mengenai rute yang akan digunakan dan waktu ketika ingin melewati rute tersebut. Pilihlah jalan yang relatif mudah serta tidak banyak macet. Sedangkan untuk muatan kendaraan, bawalah barang-barang yang diperlukan saja. Semakin banyak dan berat barang bawaan Anda, maka mesin juga akan membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak untuk menggerakkan kendaraan yang Anda bawa.

Hindari Parkir di Tempat Panas

Memarkirkan kendaraan Anda di tempat yang terhindar dari cahaya matahari secara langsung akan membuat evaporasi BBM dalam tangki dapat diminimalisir. Maka dari itu, jika Anda pergi beraktivitas hindarilah memarkirkan kendaraan Anda  di tempat yang panas dan cobalah untuk parkir di tempat parkir di dalam gedung, atau jika tidak memungkinkan Anda dapat memilih tempat parkir yang teduh dan terlindungi oleh pepohonan.

Selain itu, saat memarkirkan mobil hindari untuk membiarkan mesin dalam kondisi menyala terlalu lama. Ada baiknya untuk mematikan mesin saat berhenti lebih dari 10 menit karena secara tidak langsung akan mengurangi produksi polusi dari kendaraan Anda dan lebih ramah lingkungan.

Gunakan AC Mobil dengan Bijak

Menjaga kondisi mesin mobil tetap dingin secara tidak langsung akan membuat mobil lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Salah satu cara untuk menjaga kondisi mesin mobil tetap dingin adalah dengan menggunakan AC mobil dengan bijak. Hindari menggunakan AC mobil dengan suhu maksimal karena dapat membuat mesin harus bekerja lebih keras yang mana akan menyebabkan bahan bakar minyak yang diperlukan juga akan lebih banyak.

Demikianlah beberapa cara berkendara yang ramah lingkungan. Selain dapat mengurangi polusi udara, cara tersebut juga dapat merawat mesin lebih optimal dan bahkan mengurangi risiko kecelakaan. Untuk memberikan perlindungan ekstra pada kendaraan Anda, jangan ragu memberikan proteksi asuransi Mega Kendaraan dari Mega Insurance agar terhindar dari berbagai risiko berkendara.