Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Destinasi Wisata Indonesia Timur yang Harus Anda Kunjungi di 2019

Destinasi Wisata Indonesia Timur yang Harus Anda Kunjungi di 2019

Destinasi Wisata Indonesia Timur yang Harus Anda Kunjungi di 2019

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan keindahan alam. Tak heran bila pada musim liburan, banyak tempat wisata di Indonesia yang ramai dikunjungi wisatawan seperti Bali, Yogyakarta, Malang, Lombok, Sumba, dan lain sebagainya. Namun, tahukah anda, selain mengunjungi destinasi tersebut selama liburan, ternyata anda juga bisa mengunjungi destinasi lainnya yang tak kalah menarik. Coba pertimbangkan destinasi wisata Indonesia Timur sebagai pilihan anda untuk berlibur. Meskipun terkenal mahal,  destinasi wisata Indonesia Timur sangatlah disarankan untuk dikunjungi. Banyak sekali tempat wisata yang masih jarang tereksos oleh publik. Penasaran? Lihat beberapa rekomendasi destinasi wisata berikut ini!

Kepulauan Taliabu

Wisata pantai pasir anjing

Salah satu destinasi wisata Indonesia Timur yang perlu anda kunjungi ialah Kepulauan Taliabu. Mungkin nama Taliabu masih asing terdengar di telinga anda. Taliabu merupakan salah satu kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Sula di Provinsi Maluku Utara. Sebagai kabupaten yang baru saja dimekarkan, segala fasilitas yang ada di Kepulauan Taliabu serba darurat dan baru. Walaupun begitu, potensi alam yang dimiliki Taliabu sangatlah menjanjikan, terutama wisata pantai dan laut.

Salah satu ciri khas destinasi wisata Indonesia Timur ialah mudahnya menemukan pantai tak berpenghuni dengan pasir putih dan air jernih. Pantai-pantai tersebut dapat diakses tanpa harus membayar retribusi. Beberapa pantai yang memiliki keindahan pengalaman. Selain mengunjungi pantai, anda dapat mengunjungi berbagai pulau yang menawarkan spot snorkeling dan diving seperti Pulau Woyo, Hol Kima, Pulau Seho, Pulau Kano, Pulau Limbo, Pulau Tabila, atau Pulau Samada.

Untuk mengunjungi Taliabu, terdapat dua opsi. Pertama melalui Kota Ternate, kedua melalui Kota Luwuk, Sulawesi Tengah. Apabila anda ingin mengunjungi Taliabu dari Kota Ternate, anda bisa menuju Kota Ternate menggunakan pesawat terbang dan melanjutkan perjalanan menggunakan kapal dengan waktu tempuh sekitar dua hari dua malam. Waktu tempuh melalui Ternate lebih lama karena kapal akan singgah di dua pulau besar di Kepulauan Sula.

Apabila anda ingin memangkas waktu perjalanan, anda bisa mengunjungi Taliabu melalui Kota Luwuk, Sulawesi Tengah. Sudah banyak penerbangan menuju Kota Luwuk yang biasanya akan transit di Kota Makassar. Setelah sampai di Kota Luwuk, anda bisa melanjutkan perjalanan meggunakan kapal ke Kota Bobong, Taliabu, selama 10 jam.

Lamanya waktu tempuh dan perjalanan menuju Taliabu akan terbayar ketika anda sudah menginjakkan kaki di sana. Hamparan pasir putih, pantai yang masih perawan, dan beragamnya kekayaan bawah laut yang dimiliki Taliabu membuatnya pantas untuk dijadikan salah satu destinasi wisata Indonesia Timur yang perlu dikunjungi di 2019.

Luwuk-Banggai

Wisata Pulau Dua (source: instagram @gypsyandthepostcard)

Mungkin Luwuk-Banggai masih jarang dijadikan destinasi wisata Indonesia Timur oleh orang-orang. Jarang sekali informasi mengenai wisata di Luwuk Banggai yang terekspos di Internet. Padahal, Luwuk-Banggai memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan destinasi wisata domestik lainnya. Sebenarnya, Luwuk Merupakan salah satu kota administratif dari Kabupaten Banggai. Terdapat dua kabupaten lain yang dapat diakses dari Luwuk yakni Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Banggai Laut.

Di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, anda bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata Indonesia Timur menarik. Beberapa destinasi tersebut ialah Bukit Teletubbies, Pulau Dua, dan juga Pantai Kilo Lima. Selain beberapa destinasi wisata tersebut, banyak sekali tujuan wisata di Kabupaten Banggai, terutama di Kota Luwuk yang memiliki keindahan alam dan kurang terekspos oleh publik. Selama anda di sana, ada baiknya apabila anda menyewa kendaraan bermotor ataupun guide lokal untuk menemukan berbagai spot menarik untuk diabadikan melalui kamera atau ponsel anda, atau sekedar dinikmati melalui kedua mata.

Selain objek wisata di sekitar Kota Luwuk, anda bisa juga menyeberang menggunakan transportasi laut menuju destinasi wisata Indonesia Timur lainnya yakni Kabupaten Banggai Kepulauan dan Banggai Laut. Banyak orang yang beranggapan bahwa keduanya merupakan wilayah yang sama, namun ternyata berbeda. Tetapi, wisata alam yang ditawarkan dua kabupaten tersebut kurang lebih serupa yakni wisata pantai dan laut. Apabila anda berkesempatan mengunjungi Banggai Laut dan Banggai Kepulauan, singgahi berbagai pantai indah di pesisir pulau.

Baik Banggai Kepulauan atau Banggai Laut memiliki banyak spot diving dan snorkeling yang masih perawan. Anda bisa mengunjungi Pantai Bongo, Pantai Pasir Putih, Pantai Labuan, Pulau Bongo dan banyak spot tak bernama lainnya yang bisa anda kunjungi gratis. Apabila anda beruntung, anda bisa menjumpai berbagi jenis Cardinal Fish (Bulu Babi) selama snorkeling dan berenang di pantai-pantai yang ada di Banggai Laut dan Banggai Kepulauan. Tak heran Luwuk-Banggai menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia Timur yang perlu dikunjungi di 2019.

Kepulauan Alor

Wisata Gunung Sirung (Source: instagram: @dirganca)

Destinasi wisata Indonesia Timur lainnya ialah Kepulauan Alor. Kepulauan Alor merupakan salah satu kabupaten yang ada di ujung Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapai Kepulauan Alor, anda perlu terbang ke Kota Kupang terlebih dahulu. Setelahnya, anda bisa menggunakan penerbangan perintis dari Kupang menuju Kalabahi, ibukota utama di Kepulauan Alor. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai di Kalabahi dari Kupang menggunakan Pesawat Trans Nusa yang melayani penerbangan harian di kawasan Nusa Tenggara.

Terdapat berbagai destinasi wisata Indonesia Timur yang menarik di Kepulauan Alor. Kebanyakan dari destinasi tersebut merupakan spot wisata pantai dan laut. Jika anda berkesempatan mengunjungi Kepulauan Alor, disarankan agar anda mengunjungi Pantai Ling Al, Pantai Pigewa, Pantai Mali, Pantai Batu Putih, Taman Laut Pantar, dan Pulau Kepa. Destinasi pantai dan pulau tersebut memiliki pasir putih dan spot snorkeling menarik untuk dikunjungi.

Selain dapat menghabiskan waktu untuk snorkeling di laut, anda juga bisa menikmati kesegaran air di Air Terjun Mataru ataupun berenang di Kolam Bidadari. Ada pula mata air panas yang berbentuk seperti rumah semut. Mata air panas atau geyser tersebut dikeliligi susunan bebatuan yang sangat estetik untuk diabadikan dalam sebuah foto. Tak lupa nikmati eksotisme Kawah Putih Gunung Sirung. Gunung Sirung merupakan gunng aktif yang terletak di Pulau Pantar dengan ketinggian sekitar 862mdpl. Dengan beragamnya objek wisata yang ditawarkan, tidak salah apabila Kepulauan Alor dikatakan sebagai salah satu destinasi 8 yang perlu dikunjungi di 2019.

Itulah 3 destinasi wisata Indonesia Timur yang harus anda kunjungi di 2019. Apabila anda mencintai wisata pantai dan laut, segera masukkan salah satu destinasi di atas ke dalam bucket list anda, dijamin anda akan susah move on dan tidak ingin pulang!

source picture: http://tips-wisata-indonesia.blogspot.com

 instagram: @gypsyandthepostcard, @gungafif, @dirganca