Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Rekomendasi Buah-Buahan Penurun Gejala Kolesterol

Rekomendasi Buah-Buahan Penurun Gejala Kolesterol

Rekomendasi Buah-Buahan Penurun Gejala Kolesterol

Kolesterol adalah molekul lipid yang dapat ditemukan di dalam darah, baik itu merupakan kolesterol baik ataupun kolesterol jahat. Pada umumnya, kolesterol bekerja untuk mencerna makanan, memproduksi hormon, serta memproduksi vitamin D.

Kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) jika memiliki jumlah yang banyak di dalamr darah dapat meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular, seperti sakit jantung. Hal tersebut biasa disebabkan oleh banyaknya seseorang mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung santan, lemak, gorengan, dll.

Nah, untuk mengurangi resiko tersebut, sebaiknya Anda mulai mengonsumsi banyak buah-buahan karena dapat menurunkan gejala kolesterol. Selain mengandung banyak serat, buah-buahan juga mengandung senyawa-senyawa kimia yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL).

HDL berfungsi membantu memperlancar aliran darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung. Nah, apa saja buah yang wajib dikonsumsi rutin untuk menurunkan gejala kolesterol? Simak berikut ini!

Anggur

Buah anggur kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolestrol yang terserap di usus halus. Terdapat penelitian yang menunjukan bahwa anggur memiliki senyawa antioksidan tinggi, apalagi buah anggur merah.

Antioksidan dapat membantu meningkatkan kolestrol HDL dan menurunkan kolestrol jahat LDL serta trigliserida dalam darah. Itu sebabnya anggur sangatlah direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai buah-buahan penurun gejala kolesterol, terutama bagi orang-orang yang memiliki aterosklerosis koroner. Antioksidan quercetin yang hadir dalam anggur juga dapat melawan peradangan di dalam tubuh.

Cek juga jus sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Jeruk

Selain anggur, buah jeruk juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Buah penurun gejala kolesterol berwarna oranye ini mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol dan sekaligus membantu menghambat perkembangan kanker pada kanker payudara dan kanker usus.

Jeruk juga merupakan buah yang tinggi akan kadar vitamin C. Vitamin C tidak hanya bekerja membantu mencegah penumpukan kadar kolestrol LDL, tetapi juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

Pir

Pir merupakan salah satu buah penurun gejala kolesterol yang memiliki serat alami tinggi. Dikutip dari artikel di Kompas.com, dalam satu kandungan buah pir ukuran sedang nyatanya dapat mencukupi sebesar 16% kebutuhan serat harian Anda.

Jenis serat yang dimiliki oleh buah pir adalah pektin. Pektin berfungsi mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dapat berkurang atau menurun.

Stroberi

Selain dapat dikonsumsi secara langsung, kenikmatan buah stroberi juga dapat dinikmati dengan membuatnya menjadi jus. Tahukah Anda nyatanya buah satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Salah satunya adalah sebagai penurun gejala kolesterol di dalam tubuh.

Dikutip dari artikel di doktersehat.com, terdapat penelitian yang menyatakan bahwa jika rutin mengonsumsi stroberi dapat meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL) dan menurunkan tekanan darah sistolik. Selain itu, memakan stroberi juga akan meningkatkan profil lipid plasma umum, fungsi trombosit, dan antioksidan layaknya vitamin C.

Jambu Biji

Jambu biji mengandung vitamin dan antioksidan yang bekerja melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Kadar kalium dan serat larut air dalam jambu biji pun dapat membantu menurunkan gejala kolesterol dan tekanan darah. Selain itu buah jambu biji juga dapat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh yang dapat mencegah berbagai penyakit jantung.

Baca juga rekomendasi minuman tradisional untuk mengobati penyakit.

Gejala kolesterol dapat berkurang dengan sendirinya jika diiringi dengan gaya hidup sehat yang tepat. Mulai hari ini segera ubah gaya hidup sehat Anda menjadi lebih sehat salah satunya dengan membiasakan makan buah setidaknya 2-3 porsi dalam sehari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.