Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Agar Klaim Asuransi Kendaraan Mudah Diterima Perhatikan Informasi Berikut Ini

Agar Klaim Asuransi Kendaraan Mudah Diterima Perhatikan Informasi Berikut Ini

Takut Klaim Asuransi Kendaraan Ditolak? Perhatikan Informasi Berikut Ini Yuk!

Saat ini asuransi kendaraan telah menjadi kebutuhan utama bagi para pemilik kendaraan bermotor, khusunya mobil. Dengan memiliki asuransi kendaraan, otomatis kendaraan Anda akan terlindungi dari berbagai risiko yang di jalanan dengan menggunakan produk asuransi yang tepat.

Untuk mendapat asuransi mobil terbaik, Anda perlu memilih perusahaan asuransi yang menawarkan layanan komplit. Premi pun harus kompetitif, tidak murah, tapi tidak juga kemahalan. Selain itu, Anda juga wajib memahami aturan aturan yang telah ditetapkan perusahaan asuransi agar dapat menggunakan produk tersebut secara maksimal.

Pasalnya banyak dari nasabah tidak membaca dengan cermat dan mempelajari polis asuransi sebelum meneken perjanjian. Umumnya, kendala terjadi saat klaim asuransi mobil. Sering terjadi penolakan lantaran tidak sesuai dengan polis.

Padahal Anda mengira akan mudah mengajukan klaim. Kalau begini kan Anda yang akan rugi. Sudah bayar premi setiap bulan, tapi giliran mau klaim ternyata tidak sesuai aturan main. Agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, perhatikan informasi berikut ini.

Bila Terjadi Kerusakan Pada Mobil Anda, Segera Hubungi Pihak Asuransi

Bila terjadi sesuatu yang buruk pada mobil Anda, harus segera Anda tangani dengan langsung menghubungi pihak perusahaan asuransi mobil Anda. Biasanya syarat pelaporan maksimal adalah 3 x 24 jam pasca kejadian.

Maka dari itu, Anda sebaiknya secepat mungkin melapor, agar tidak terlambat. Laporan tersebut tentunya akan mempermudah Anda mengajukan klaim asuransi dan proses survei sebagai salah satu prosedur. Anda juga harus menjelaskan kepada pihak perusahaan asuransi secara detail kronologi kejadian yang di alami, sehingga mereka mengerti dan jelas.

Bila mobil Anda mengalami kecelakaan, segera telepon pihak asuransi untuk mengajukan klaim. Kemudian Anda juga akan mendapatkan layanan mobil derek, perbaikan di bengkel rekanan, dan lainnya. Selanjutnya, perusahaan asuransi akan memberikan formulir klaim asuransi kepada Anda. Isi formulir ini selengkap-lengkapnya, agar dapat digunakan untuk memperbaiki mobil tersebut di bengkel rekanan.

Baca juga: Tips Aman Berkendara Agar Terhindar dari Kecelakaan

Tunjukkan Bukti-Bukti yang Jelas untuk Mempermudah Proses Klaim Asuransi

Saat Anda mengajukan klaim asuransi mobil, sebaiknya dilengkapi dengan bukti-bukti yang jelas untuk mempermudah proses klaim asuransi kendaraan Anda. Dengan menunjukkan bukti-bukti tersebut menandakan bahwa Anda tidak mengada-ada terhadap sebuah peristiwa kecelakaan untuk mendapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi.

Bukti kecelakaan bisa Anda tunjukkan melalui foto badan (body) mobil yang penyok, menunjukkan bukti CCTV, dan beberapa bukti lainnya. Selain itu, bukti-bukti tersebut juga dapat menjadi bahan laporan ke pihak yang berwajib (polisi) bila memang terjadi tindakan kriminal.

Baca juga: Tips Ampuh Merawat Aki Mobil

Memberikan Informasi Mengenai Kronologi Kejadian Secara Detail

Selain dua hal diatas, saat pengajuan klaim asuransi mobil, Anda juga akan diminta oleh pihak asuransi untuk menjelaskan kronologi sebuah peristiwa secara detail. Bahkan, tidak hanya itu saja, Anda juga perlu menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin saja dilontarkan pegawai asuransi bagian klaim tersebut.

Oleh karena itu, pastikan Anda dapat memberikan informasi mengenaik kronologi kejadian secara detail dan lengkap. Pastikan juga Anda dapat menjawab berbagai pertanyaan yang diajukn tersebut dengan baik. Jadi, Anda harus mengingat betul bagaimana kronologi kejadian, lokasi, waktu kejadian, posisi pengemudi mobil ketika kejadian, dan lain sebagainya untuk memudahkan proses klaim asuransi mobil Anda.

Baca juga: Tips Merawat Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap

Serahkan Beberapa Dokumen yang Diperlukan dengan Lengkap

Setelah memberikan informasi mengenai kronologi kejadian, pastikan juga saat mengajukan klaim asuransi mobil, Anda menyerahkan beberapa dokumen yang diperlukan dengan lengkap.

Dokumen-dokumen yang diserahkan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan klaim Anda dan berdasarkan kejadian. Mulai dari formulir pengajuan klaim, surat keterangan dari kepolisian, fotokopi polis asuransi mobil, fotokopi KTP dan SIM, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa informasi penting yang harus Anda perhatikan ketika ingim melakukan klaim asuransi mobil Anda. Disamping itu, Anda dapat memberikan perlindungan untuk mobil Anda melalui Mega Kendaraan dari Mega Insurance agar bebas repot dan terhindar dari berbagai risiko ketika berkendara.