Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Kiat-Kiat Merencanakan Liburan Murah

Kiat-Kiat Merencanakan Liburan Murah

Kiat-Kiat Merencanakan Liburan Murah

Bagi Anda yang memiliki kesibukan yang sangat padat, tentunya momen liburan sanglatlah dinanti-nantikan. Rasanya liburan kemanapun akan terasa seru apalagi jika dihabiskan bersama keluarga atau teman. Apalagi jika bisa liburan murah tanpa harus mengeluarkan uang berlebih.

Meskipun jadwal liburan masih lama ada baiknya Anda merencakanannya dari jauh-jauh hari agar biaya yang dikeluarkan akan lebih hemat serta tentunya akan membuat Anda lebih dulu bisa menabung.

Namun, ketika Anda mulai merencanakan jadwal liburan, sebaiknya Anda juga tidak melupakan satu hal yaitu melakukan perencanaan keuangan. Melakukan perencanaan keuangan jauh-jauh hari sebelum liburan akan sangat memudahkan Anda untuk menentukan budget yang tepat dan sesuai, sehingga Anda tidak harus merogoh kocek dari tabungan Anda yang lain ataupun berhutang.

Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan untuk merencanakan liburan murah Anda:

Membuat Perencanaan dari Jauh-Jauh Hari

Agar rencana liburan murah Anda dapat terealisasikan, tentunya Anda harus membuat perencanaan dari jauh-jauh hari. Jika Anda menginginkan untuk pergi liburan dalam waktu yang lama baik ke luar negeri maupun dalam negeri ada baiknya direncanakan setahun sebelum tanggal keberangkatan.

Sedangkan jika Anda menginginkan pergi liburan dalam waktu yang sebentar, Anda dapat mulai merencanakannya sejak tiga bulan sebelum tanggal keberangkatan. Hal tersebut tentunya dapat memudahkan Anda untuk mendapatkan biaya transportasi maupun akomodasi yang jauh lebih murah.

Menabung dari Sebagian Penghasilan

Untuk merencanakan liburan murah Anda, selalu biasakan diri untuk menyisihkan penghasilan Anda untuk menabung. Tabungan ini selain dapat berguna untuk mendanai liburan, juga berguna pada saat darurat. Jumlah uang yang harusnya ditabung tentu relatif dan harus disesuaikan dengan pemasukan dan kebutuhan seseorang.

Pada umumnya, sebaiknya Anda mengalokasikan 10%-20% dari gaji Anda untuk ditabung. Dengan sistem persentase tersebut, semakin tinggi gaji Anda, semakin tinggi pula uang yang bisa disisihkan untuk ditabung.

Selain menabung, Anda juga dapat mengalokasikan dana tersebut untuk investasi pada deposito atau reksa dana yang keuntungannya dapat Anda nikmati sebagai dana liburan murah Anda.

Membuat Itenerary Secara Detail

Dalam merencanakan liburan murah Anda, sisihkan waktu untuk membuat itenarary sedini mungkin. Anda dapat memulainya dengan melakukan riset terlebih dahulu mulai dari mencari transportasi yang lebih beragam, akomodasi yang lebih murah, hingga berbagai diskon yang dapat Anda manfaatkan.

Dari situ Anda dapat membuat itinerary perjalanan secara detil dan menentukan budget agar pengeluaran Anda dengan sesuai. Namun, Anda juga harus menjadi traveler yang cermat dengan memilih waktu yang tepat untuk membeli tiket perjalanan atau hotel, seperti pada saat sedang ada promosi atau travel fair.

Baca juga destinasi wisata Indonesia Timur  yang wajib Anda kunjungi.

Menyusun Anggaran

Sebelum pergi berlibur, pastikan Anda telah menyusun anggaran terlebih dahulu yang dapat Anda kelompokkan, seperti untuk konsumsi, transportasi, akomodasi, tiket tempat wisata, hingga dana darurat.

Dengan menyusun anggaran terlebih dahulu akan sangat berguna untuk mewujudkan liburan murah Anda tanpa harus mengeluarkan budget berlebih. Tapi satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu konsistensi. Jika Anda konsisten dan mematuhi sesuai rencana yang telah dibuat maka liburan akan jauh lebih hemat.

Bijak dalam Menggunakan Kartu Kredit

Saat pergi berlibur, sangat tidak disarankan Anda berhutang menggunakan kartu kredit. Namun, terkadang kartu kredit memiliki fungsi ganda yang sangatlah bermanfaat. Anda dapat memasukkan “tambahan uang” dari kartu kredit dalam rencana anggaran liburan murah yang Anda buat.

Akan tetapi, Anda juga harus menentukan limit penggunaannya yang sesuai dengan kemampuan Anda. Anda juga bisa menggunakan kartu kredit sebagai dana tak terduga jika kehabisan uang tunai di tempat-tempat tertentu.

Dengan membuat rencana anggaran liburan murah yang tepat, maka Anda tidak akan merasa terbebani setelah pulang dari perjalanan wisata. Selain itu, Anda juga dapat  menikmati waktu liburan dengan nyaman dan tenang, serta mendapatkan manfaat dari liburan tersebut dengan optimal.