Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Tips Membeli Mobil Bekas, Berikut Ini Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Tips Membeli Mobil Bekas, Berikut Ini Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Memiliki sebuah mobil merupakan suatu kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat perkotaan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Sayangnya harga mobil baru yang semakin melambung dan tidak masuk akal, menjadikan masyarakat untuk lebih memilih membeli mobil bekas.

Namun, tentunya ada kelebihan dan kekurangan ketika membeli mobil bekas. Salah satunya adalah diperlukan ketelitian ekstra saat memilih kondisi mobil bekas tersebut. Nah, sebelum Anda memilih mobil bekas, perhatikan terlebih dahulu tips membeli mobil bekas berikut ini.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Cashless vs Reimburse, Mana yang Terbaik?

Perhatikan Kondisi Mesin Mobil

Tips membeli mobil bekas pertama adalah lakukan pengecekan terhadap beberapa komponen penting di bagian mesin. Beberapa komponen tersebut antara lain, seperti timing belt, fan belt, busi, serta pastikan tidak ada kebocoran-kebocoran di ruang mesin baik itu berupa oli ataupun air radiator.

Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Pastinya untuk mengurangi biaya perawatan Anda setelah membeli mobil tersebut. Bila memang terdapat kerusakan ataupun kebocoran, Anda bisa melakukan negosiasi harga kembali sehingga biaya yang Anda keluarkan akan lebih murah.

Hindari Mobil Bekas Banjir atau Tabrakan

Tips membeli mobil bekas selanjutnya adalah hindari untuk membeli mobil bekas banjir atau yang mengalami tabrakan. Anda dapat melakukan spooring untuk mengetahui apakah mobil tersebut bekas mengalami tabrakan atau tidak.

Anda dapat mengetahui mengenai kondisi camber, caster, dan toe ban mobil tersebut apakah berada dalam posisi yang normal atau tidak. Jika posisi beberapa komponen tersebut sudah  sudah jauh dari batas toleransi maka hal tersebut dapat menyebabkan pengendalian mobil menjadi tidak sempurna.

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Mobil Agar Terhindar dari Risiko Berkendara

Cek Kelengkapan Surat-Surat Mobil

Saat memilih mobil bekas, jangan sampai lupa untuk melakukan pengecekan terhadap kelengkapan surat-surat dari mobil tersebut. Pastikan Anda menyesuaikan antara nomor rangka dan mesin yang ada di STNK dengan yang menempel di mobil tersebut.

Hindari membeli mobil bekas tanpa memiliki surat-surat yang lengkap. Memang terdengar sepele, namun tips membeli mobil bekas yang satu ini sangat penting agar Anda terhindar dari segala urusan yang merepotkan kepada pihak berwajib.

Lakukan Test Drive Terlebih Dahulu

Tips membeli mobil bekas lainnya yang tidak kalah penting adalah coba lakukan test drive terlebih dahulu sebelum membelinya. Rasakan setiap akselerasi, getaran mesin, hingga fitur-fitur pendukung lainnya apakah bekerja dengan baik.

Tidak lupa lalu perhatikan juga apakah terdengar ada bunyi-bunyi aneh yang berasal dari ruang mesin atau dari kaki-kaki. Hal ini guna memberikan keleluasaan bagi Anda untuk memilih mobil bekas mana yang terbaik. 

Baca juga: Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berkendara di Musim Hujan

Lakukan Pengecekan di Bengkel Terpercaya

Jika memang Anda kurang paham  mengenai mesin mobil dan sebagainya, tips membeli mobil bekas yang harus Anda lakukan adalah memeriksa seluruh kondisi mobil di bengkel. Pastikan bengkel yang Anda kunjungi merupakan bengkel yang sudah Anda percaya sehingga tidak terjadi kecurangan ataupun kelalaian dalam memeriksa kondisi mobil bekas tersebut.

Demikianlah beberapa tips membeli mobil bekas yang harus Anda lakukan terlebih dahulu agar terhindar dari berbagai kerugian. Setelah membeli mobil bekas juga ada baiknya Anda memberikan perlindungan ekstra dengan asuransi kendaraan agar terhindar dari berbagai risiko berkendara.