Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Menyambut Tahun Baru, Yuk Simak Tips Mengatur Keuangan di 2020

Menyambut Tahun Baru, Yuk Simak Tips Mengatur Keuangan di 2020

Menyambut tahun baru 2020, sudah pasti anda akan memiliki resolusi tahunan yang baru pula, bukan? Sebagian dari anda mungkin memiliki resolusi untuk memiliki usaha, ada juga yang memiliki resolusi 2020 untuk menikah, melanjutkan pendidikan, ataupun traveling lebih banyak dari tahun sebelumnya. Apapun itu resolusi yang anda miliki, tentu anda perlu memiliki sokongan finansial yang baik untuk mendukung target anda.

Memiliki sokongan finansial yang baik bukanlah hal yang mudah. Perlu konsistensi dan perencanaan sedemikian rupa agar kondisi finansialmu tetap stabil. Kemampuan mengatur keuanganmu akan benar-benar diuji. Bagaimana sih cara mengatur keuangan yang baik? Yuk simak tips mengatur keuangan di 2020.

Tips Mengatur Keuangan Pertama: Buat Estimasi Pemasukan Selama 12 Bulan Ke Depan

Banyak orang yang mengeluarkan uang atau mengambil cicilan dengan nominal lebih banyak daripada pendapatan tahunannya. Pada akhirnya, sepanjang tahun mereka akan terseok-seok dengan pendapatan yang hanya numpang lewat saja untuk membayar hutang atau cicilan. Tentu saja anda tidak mau menjadi salah satu dari orang-orang tersebut, kan?

Salah satu tips mengatur keuangan yang perlu anda lakukan pertama kali ialah mencari tahu pos-pos pemasukan selama setahun ke depan. Anda bisa menghitung dan memperkirakan jumlah pemasukan bulanan yang sudah pasti anda dapatkan seperti gaji pokok dan tunjangan. Jika anda memiliki pekerjaan sampingan, anda juga bisa memasukannya namun pada angka minimum saja.

Baca juga: Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Asuransi Rumah

Tips Mengatur Keuangan Kedua: Buat Estimasi Pengeluaran Bulanan Primer

Setelah membuat estimasi pemasukan yang pasti akan didapatkan selama 12 bulan ke depan, kamu bisa membuat estimasi pengeluaran bulanan primer yang ada setiap bulannya. Apa saja sih pengeluaran primer?

Pengeluaran bulanan dapat meliputi biaya makan sehari-hari, biaya mencuci di laundry, biaya upah asisten rumah tangga, biaya listrik, biaya air, biaya pulsa dan internet, hingga biaya transportasi jika kamu mempunyai kendaraan yang digunakan setiap hari.

Intinya, pengeluaran bulanan wajib merupakan nominal yang pasti dikeluarkan setiap bulannya dan tidak dapat diganggu gugat.

Selain pengeluaran bulanan, ada juga pengeluaran primer yang dikeluarkan setiap jangka waktu tertentu. Misalnya seperti servis berkala kendaraan dan perangkat elektronik di rumah. Nah, pengeluaran-pengeluaran ini jangan sampai dilupakan ya!

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Saat Libur Lebaran

Tips Mengatur Keuangan Ketiga: Buat Estimasi Pengeluaran Sekunder

Setelah pengeluaran primer, ada juga pengeluaran lain yang perlu kamu keluarkan untuk jajan, belanja atau hiburan. Tips mengatur keuangan untuk kebutuhan sekunder yang perlu diingat ialah dengan memperhatikan skala prioritas. Memang jajan, belanja, atau hiburan sangatlah penting sesekali, tapi apa jadinya kalau dilakukan hampir setia hari? Uangmu akan habis tanpa tujuan yang jelas. Cukup disayangkan, bukan?

Baca juga: 7 Cara Agar Menjaga Koper Tetap Aman Saat Traveling

Tips Mengatur Keuangan Keempat: Sisihkan Pendapatan untuk Tabungan dan Investasi

Tips mengatur keuangan lain yang perlu kamu perhatikan ialah menyisihkan pendapatan untuk tabungan dan investasi. Menyisihkan uang untuk tabungan sangatlah penting. Selain dapat digunakan untuk hal-hal tersier yang anda inginkan, tabungan juga berguna saat anda membutuhkan dana talangan yang bersifat darurat.

Semisal, anda mengalami kecelakaan atau mengalami perampokan. Tentunya anda membutuhkan uang talangan untuk membiayai kerugian tersebut tanpa harus berhutang atau mengorbankan uang untuk keperluan wajib anda.

Di samping tabungan, anda juga perlu memiliki investasi. Apabila tabungan dapat berguna untuk kebutuhan tak terduga, investasi dapat menjadi cicilan modal di masa tua jika anda sudah tidak produktif bekerja. Anda tidak mau kan harus teru membanting tulang sampai umur 70 tahun?

Baca juga: Keuntungan Memiliki Asuransi Kecelakaan

Tips Mengatur Keuangan Kelima: Tentukan Target yang Ingin Dicapai

Nah, setelah mengetahui pendapatan bersih anda, saatnya mulai menentukan target yang ingin dicapai selama 12 bulan ke depan. Jika anda memiliki target lebih dari satu, ada baiknya untuk mengejar target satu-persatu dan tidak terburu-buru. Akan sulit untuk anda mengatur keuangan jika ingin mencapai banyak target dalam satu waktu.

Apabila dana yang anda miliki cukup untuk memenuhi target di tahun 2020, anda hanya perlu menerapkan konsistensi dalam menabung dan menyisihkan pengeluaran. Jika tidak, mungkin saatnya anda perlu mencari penghasilan tambahan baik dengan usaha rumahan maupun pekerjaan tambahan.