Media Kami

Terus ikuti informasi terkini mengenai Mega Insurance

Media Kami

Istilah dalam Asuransi Kendaraan yang Perlu Kamu Ketahui Agar Tidak Salah Langkah

 Istilah dalam Asuransi Kendaraan yang Perlu Kamu Ketahui Agar Tidak Salah Langkah

Anda ingin membeli mobil baru? Tentu banyak hal yang perlu anda perhatikan, mulai dari tipe apa yang akan dibeli, pembiayaan kendaraan, hingga asuransi apa yang akan anda gunakan. Memiliki asuransi kendaraan sangatlah penting untuk meminimalkan resiko kerugian jika sewaktu-waktu hal tidak diinginkan terjadi pada kendaraan anda.

Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi kendaraan, ada baiknya anda memahami istilah yang biasa dijumpai pada produk asuransi. Memahami istilah dalam asuransi kendaraan memang tidak mudah. Banyak istilah yang menggunakan bahasa asing sehingga sulit dipahami dengan mudah oleh orang awam. Oleh karena itu, penting untuk anda mempelajari berbagai istilah yang ada secara seksama agar anda tidak kebingungan dalam proses klaim atau pembayaran premi nantinya.

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Mobil Agar Terhindar dari Risiko Berkendara

Apa Saja Istilah Dalam Asuransi Kendaraan?

Nilai Pertanggungan

Nilai pertanggungan berdasarkan istilah dalam asuransi kendaraan merupakan harga beli kendaraan bermotor ketika kendaraan tersebut dibuatkan polis asuransi.  Nilai pertanggungan termuat di polis asurandi dan menjadi patokan maksimum yang akan dibayarkan jika sewaktu-waktu anda melakukan klaim.

Nilai Pasar

Nilai pasar merupakan harga jual kendaraan yang menjadi objek jaminan anda.

Premi 

Premi merupakan nominal uang yang anda bayarkan kepada pihak asuransi sebagai imbalan dari layanan yang telah anda nikmati. Pembayaran premi dapat dilakukan baik secara bulanan, tahunan, atau tunai di muka. Biasanya, biaya premi asuransi kendaraan yang anda bayarkan merupakan nominal di luar biaya administrasi dan biaya bea materai. Sehingga, untuk kedua biaya tersebut anda perlu mengeluarkan tambahan uang lain.

All Risk

Berbicara mengenai istilah dalam asuransi kendaraan, anda pasti akan menjumpai kata All Risk. All Risk sendiri merupakan salah satu jenis asuransi yang memberikan perlindungan komprehensif. Asuransi All Risk akan menerima klaim untuk segala kerusakan dari mulai yang ringga hingga yang terberat yakni kehilangan. 

Total Loss Only

Berbeda dengan All Risk, Total Loss Only (TLO) merupakan istilah untuk jenis asuransi yang hanya menjamin kerugian bila kendaraan anda mengalami kerusakan di atas 75% dan mengalami kehilangan akibat pencurian. 

Baca juga: Agar Klaim Asuransi Kendaraan Mudah Diterima, Perhatikan Informasi Berikut

Endorsement

Endorsement merupakan istilah yang digunakan untuk perjanjian asuransi yang diterbitkan pihak kedua (nasabah) atas persetujuan pihak pertama untuk mengubah isi polis asuransi.

Indemnity

Indemnity merupakan jumlah ganti rugi yang akan anda terima dari pihak asuransi atas kerugian yang dialami. Biasanya jumlah ganti rugi yang diterima sesuai dengan harga pasar kendaraan yang berlaku saat itu. Jumlah penggantian dapat dikurangi atas risiko sendiri seperti yang tertera pada dalam polis.

Deductible

Deductible atau biasa disebut risiko sendiri merupakan istilah dalam asuransi untuk menjelaskan nilai yang menjadi beban anda di setiap kerugian atau kerusakan. Beban tersebut dihitung dari jumlah ganti rugi yang harus dibayarkan.

SPPA 

SPPA merupakan singkatan dari Surat Permintaan Penutupan Asuransi. Surat ini memuat formulir yang diisi anda sebagai nasabah dengan tujuan untuk mengavaluasi risiko. 

TJH III

TJH III merupakan singkatan dari Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TJH III). TJH III ialah jaminan ppengganti ke pihak ketiga yang diberikan jika kendaraan pihak ketiga mengalami masalah atau kerusakan yang diakibatkan oleh kendaraan anda sebagai nasabah.

Klausul 41B 

Istilah dalam asuransi mengenal Klausul 41B yakni pemberian ganti rugi kepada and ajika sewaktu-waktu kendaraan anda terkena dampak dari kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan lain sebagainya.

Bencana Alam

Dalam dunia asuransi kendaraan, bencana alam merupakan jaminan penggantian kendaraan anda jika kendaraan tersebut mengalami kerusakan/kehilangan yang ditimbulkan dari musibah seperti gempa bumi, angina ribut, banjir, dsb.

Baca juga: Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berkendara di Musim Hujan

Itulah beberapa istilah dalam asuransi kendaraan yang perlu anda tahu. Untuk perlindungan kendaraan terbaik, anda bisa memilih asuransi kendaraan terbaik Mega Kendaraan dari Mega Insuraance. Lindungi kendaraan anda dari resiko kerusakan atau kehilangan, rasakan manfaatnya.